Pengenalan Manajemen Investasi dan Pasar Modal bagi Siswa/i dan Guru Akuntansi di SMK Bintang Nusantara

Program peningkatan literasi investasi di pasar modal untuk siswa-siswi SMK Bintang Nusantara oleh dosen Universitas Pamulang.

Investasi dan pasar modal merupakan istilah yang tidak asing bagi sebagian kalangan masyarakat. Di usia yang masih masih muda, banyak siswa-siswi yang belum memahami untuk apa berinvestasi dan bagaimana berinvestasi di pasar modal.

Pada Kamis, tanggal 14 November 2019, telah dilaksanakan program pengenalan manajemen investasi dan pasar modal untuki siswa-siswi sekolah menengah atas di SMK Bintang Nusantara, Pondok Kacang Timur, Tangerang Selatan, Banten. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi mengenai perlunya berinvestasi dari sejak dini dan cara berinvestasi di Pasar Modal. Kegiatan ini merupakan implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi Akuntansi S1, Universitas Pamulang.

Kegiatan ini di Ketuai oleh Ibu Dwi Septiani, S.E., M.M., Sekretaris : Ibu Lilis Karlina, S.E., M.Ak., Bendahara : Bpk. Ferdiansyah, S.E., M.Ak , dan Narasumber Bpk. Adi Martono, S.T., M.M. serta Ibu Dwi Septiani, S.E., M.M., juga melibatkan mahasiswa prodi Akuntansi S1, Universitas Pamulang. Dari pihak SMK Bintang Nusantara, dihadiri oleh siswa-siswi kelas X, XI dan XII SMK Bintang Nusantara sebanyak 83 orang.

Kegiatan ini di awali dengan pembukaan dan pemberian sambutan oleh perwakilan SMK Bintang Nusantara yang diwakili oleh Ibu Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum yaitu Ibu Dwi Hastuti, S.Pd.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dan tanya jawab mengenai investasi oleh Bpk. Adi Martono, S.T., M.M. Dalam sesi ini dijelaskan bahwa investasi perlu dilakukan dari sejak dini dan saat ini tersedia beragam jenis investasi yang bisa dipilih meskipun dengan modal yang kecil. Selain pemaparan mengenai konsep investasi juga diputar video terkait pilihan-pilihan jenis investasi.

Kegiatan selanjutnya adalah pemaparan dan tanya jawab mengenai berinvestasi di Pasar Modal yang disampaikan oleh Ibu Dwi Septiani, S.E., M.M. Dalam paparannya, dijelaskan, mengenai apa itu Bursa Efek Indonesia, apa perbedaan antara investasi di saham dan investasi lainnya, mengapa perlu berinvestasi dalam bentuk saham dan apa keuntungannya serta cara berinvestasi di Bursa Efek Indonesia.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Galeri Investasi yang disampaikan oleh Sdri. Aprilia, Alvia dan Dyana, merupakan mahasiswa di semester 5 dan 7 yang telah berinvestasi di pasar modal. Secara bergantian, mereka menjelaskan tentang cara dan manfaat dari berinvestasi saham, juga pengalaman mereka dalam berinvestasi saham melalui aplikasi di android. Galeri Investasi Universitas Pamulang juga memberikan kesempatan kepada siswa-siswi SMK Bintang Nusantara untuk belajar dan berinvestasi di pasar modal.

Kegiatan hari itu ditutup dengan penyerahan plakat dari penyelenggara kegiatan yang diserahkan oleh Ketua pelaksana yaitu Ibu Dwi Septiani, S.E., M.M. kepada Ketua Jurusan Akuntansi SMK Bintang Nusantara yaitu Bpk. M. Rusdin, S.E.

Sumber : akuntansi.unpam.ac.id

Share your love