PENYULUHAN GIAT PEDULI POSYANDU DALAM MENINGKATKAN KINERJA KADER POSYANDU KEMUNING RW.12 VILA PAMULANG DENGAN BERKOLABORASI BERSAMA WARGA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SDM UNGGUL SERTA MENYONGSONG INDONESIA EMAS

Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Berbeda dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan. Lokasi posyandu umumnya mudah dijangkau masyarakat, mulai dari lingkungan desa atau kelurahan hingga RT dan RW. Pos Pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Posyandu merupakan salah satu upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM).

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk melaksanakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi. Selain itu diharapkan dengan pengabdian kepada masyarakat tersebut keberadaan perguruan tinggi dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangan dan penerapan keilmuan kepada masyarakat. Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa ekspositori yaitu penyampaian materi secara verbal dan inquiry  yaitu pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir kritis dan analitis terkait kelimuan manajemen sumber daya manusia dan manajemen pemasaran dengan pemahaman mendalam terkait materi bagaimana menentukan masa depan. Lokasi yang dijadikan tempat kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah para kader posyandu kemuning di lingkungan RW.12 Vila Pamulang, Pondok Petir, Bojongsasri, Depok, Jawa Barat.

Hasil pengabdian masyarakat yang diperoleh adalah bertambahnya keilmuan dan meningkatnya kinerja kader posyandu untuk menggerakkan warga masyarakat agar mereka memiliki pandangan yang baik, fokus sasaran dengan program Penyuluhan Giat Peduli Posyandu Agar Dapat Membentuk Karakter SDM Unggul dan Menyongsong Indonesia Emas. Mengingat pentingnya peran Posyandu sebagai salah satu sistem penyelenggaraan pelayanan kebutuhan kesehatan, pendidikan , dan ekonomi dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia, maka  melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen Prodi Manajemen S1 Universitas Pamulang maka diharapkan kader Posyandu perlu meningkatkan fungsi dan kinerjanya. Kader Posyandu selain menjadi pelaksana kegiatan diharapkan juga menjadi pengelola Posyandu karena kader mengenal kondisi kebutuhan masyarakat di wilayahnya. Kader selaku pengelola Posyandu bertugas untuk merencanakan kegiatan dan mengaturnya  Suksesnya pengelolaan uang termasuk menjaga catatan pengeluaran uang. Ini meliputi keahlian untuk mengetahui berapa banyak uang yang tersedia, berapa banyak uang yang sudah dihabiskan, dan berapa banyak uang harus ditabung untuk kebutuhan masa mendatang.

Oleh : Ading Sunarto, S.E., M.M.