KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PERAN MASYARAKAT DALAM UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL PADA PEREMPUAN DAN ANAK

Dosen Universitas Pamulang melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) sebagai wujud dari implementasi Tridharma perguruan tinggi.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema: “Peran Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Perempuan Dan Anak Di Desa Parung Bogor”. Kegiatan dilakukan pada tanggal 29 sampai 31 Oktober 2023.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan di Desa Parung Kabupaten Bogor pada  Majelis Taklim Al Mubarokah. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat diikuti oleh 30 peserta ibu rumah tangga di desa Parung Bogor.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh 2 orang dosen dari Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang. Latar belakang ketua pengabdi yaitu Aulia Nursyifa, S.Pd M.Pd sebagai dosen dan peneliti dibidang ilmu sosial khususnya Sosiologi, dan tim pengabdi Dini Handayani, S.Pd M.H, dosen dibidang ilmu hukum. Dengan memperhatikan latar belakang dosen tim pengabdi yang memiliki kompetensi sebagai narasumber dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Tim dosen juga dibantu oleh mahasiswa sebagai bentuk pembelajaran langsung mengenai matakuliah Sosiologi Indonesia.

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mitra pengabdian terhadap upaya pencegahan kekerasan seksual dikalangan Perempuan dan anak. Pengabdian kepada masyarakat ini berupaya memberikan edukasi kepada Masyarakat terkait dengan upaya pencegahan dari segala bentuk kekerasan seksual pada Perempuan dan anak sehingga masyarakat dapat melakukan proteksi terhadap segala tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Peserta PkM sangat antusias dalam kegiatan terbukti dengan banyaknya peserta yang bertanya mengenai permasalahan kekerasan seksual pada perempuan dan anak, dosen pengabdi memberikan simulasi kepada mitra khususnya anak-anak terkait dengan area tubuh yang dilarang disentuh orang lain, para ibu juga melakukan sharing tentang kejadian yang dialami oleh keluarga maupun tetangganya terkait dengan masalah kekerasan seksual. Kekerasan seksual yang terjadi pada Perempuan dan anak biasanya terjadi dilingkungan sekitar, bahkan sebagian besar terjadi di rumah dan pelakunya kebanyakan masih memiliki hubungan dekat sehingga penting melakukan waspada pada orang disekitar. Para mitra kebanyakan tidak sadar bahwa apa yang dialami termasuk kedalam kekerasan seksual dan bagaimana harus melaporkan jika mengalami hal demikian. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini sangat bermanfaat untuk masyarakat. Kegiatan PkM diakhiri dengan pembagian hadiah bagi para peserta PkM  yang mau bertanya dan menjawab pertanyaan dari tim pengabdi.             Semoga kegiatan PkM dapat berguna bagi masyarakat sehingga masyarakat lebih peduli untuk melakukan pencegahan  terhadap kekerasan seksual di lingkungan sekitar dan dapat menjadikan perempuan dan anak di lingkungan masyarakat yang bebas dari segala bentuk kekerasan.  Semoga kegiatan PkM ini juga dapat berkelanjutan dengan menggandeng kerjasama dengan berbagai pihak baik ditingkat pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk bergerak bersama menghapus kekerasan berbasis gender. STOP KEKERASAN.

Share your love