Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang: Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Pelaporan Keuangan Berbasis Microsoft Excel

Dosen Prodi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang kembali melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kali ini PKM di ikuti oleh tiga Dosen Universitas Pamulang. Yang pertama sebagai ketua adalah Dwi Septiani, S.E., M.M., M.Ak. yang kedua adalah sebagai narasumber Sunarto, S.E.m M.M., dan Ferdiansyah, S.E., M.Ak. Kegiatan yang rutin dilakukan minimal satu semester sekali ini kali ini dilakukan di salah satu UMKM Kedai Es Ci Riri yang beralamat di Kp. Waru, RT 002/002, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (tepat di depan gerbang SD Negeri Waru 05). Dimana usaha ini sudah dilakukan atau di dirikan sejak 2006.

Usaha kedai ES didirikan berawal dari kesadaran akan peluang usaha yang ada di depan mata, sebelum berdirinya kedai ES Pelaku UMKM sudah memiliki usaha lain yaitu warung makanan yang menjual sarapan. Terletak tepat di depan sekolah membuat pembeli di warung sebagian besar adalah orang tua wali murid dan murid SDN, melihat bahwa belum adanya penjual minuman di sekitar menjadi ide untuk membuka kedai yang menjual minuman seduh yang di sukai semua kalangan. Bersebelahan dengan warung makan ibunya sehingga lebih memudahkan pembeli yang sedang makan jika juga ingin membeli minuman manis, karena di warung ibunya hanya diberikan air putih dan air teh hangat.

Dengan sudah lamanya usaha yang sudah dijalankan, tetapi tidak ada pencatatan yang proper yang dilakukan. Jadi sebelum kami memberikan arahan untuk PKM maka UMKM tidak tahu sebenarnya apakah ada keuntungan dari usaha yang sudah dilakukannya. Dan jika ada untuk dan ruginya juga terlihat berapa besaran nilainya.

Proses dalam melakukan PKM kali ini adalah sebagai berikut :

  1. Proses interview kepada pemilik kedai Es Riri. Disini para dosen mewawancarai pelaku usaha terkait dengan detail usahanya.
  2. Pemilik Kedai Es Ci Riri memberikan summary terkait kegiatan usahanya kepada para dosen.  Dan memberikan apa saja transaksi yang ada di Kedai Es Riri.
  3. Para Dosen melakukan proses setting format excel untuk kebutuhan Kedai Es Riri. Disini pada dosen melakukan development agar formatnya dapat digunakan dengan mudah dipahami dan di operationalkan.
  4. Proses edukasi kepada owner Kedai Es Riri yang dilakukan dengan Zoom. Disini di ajarkan cara penginputan dari setiap transaksi yang ada.
  5. Proses pencatatan yang dilakukan oleh pemilik UMKM, kita membuat whatsapp group agar memudahkan dalam berkomunikasi.
  6. Finalisasi reporting, ini dilakukan secara offline di tempat UMKM. Dan ini juga melibatkan mahasiswa agar para mahasiswa dapat tahu prosesnya.

Dari rentetan kegiatan diatas semoga dapat bermanfaat kepada UMKM, Para Dosen, dan Mahasiswa yang ikut serta dalam Pengabdian Kepada Masyarakat. Dan tidak bosannya untuk selalu mengajak kepada para UMKM untuk dapat mencatat transaksinya agar dapat melihat kinerja dari usahanya dan bisa memberikan keputusan strategic Langkah kedepannya atas usahanya.

Share your love