Dosen Unpam Sosialisasi K3 di Tempat Pembuangan Sampah

PAMULANG-Para pekerja di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) 012 Griya Bersih Asri, Perumahan Reni Jaya Baru, Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang diingatkan akan pentingnya Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Kegiatan itu berupa sosialisasi yang dilakukan dosen dan sejumlah perwakilan mahasiswa Prodi D-III Sekretaris Universitas Pamulang (Unpam) selama tiga hari. Mereka menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di TPST 012 itu.

“Pada PKM kali ini kami mencoba untuk meminimalisir resiko bahaya para pekerja di TPST. Dengan cara kerja me-reduce dan me-recycle sampah.  Hal ini sebagai upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), antara lain dalam hal perluasan wawasan, pengetahuan maupun peningkatan keterampilan yang dilakukan oleh civitas akademika, sebagai perwujudan dharma bakti, serta wujud kepedulian untuk berperan aktif meningkatkan kesejahteraan dan keterampilan masyarakat,” tutur Katry Anggraini, ketua PKM Unpam.

Ketua TPST 012, Syafaruddin menjelaskan, tentang pengolahan sampah yang selama ini sudah berjalan kepada para peserta PKM. “Pengolahan sampah di TPST 012 diawali dari kendaraan pengangkut sampah, setelah itu sampah dipisahkan menjadi kelompok organik dan anorganik dengan mesin pemilah. Kemudian sampah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos dan air lindi. Untuk meminimalisir resiko, semua pekerja TPST diwajibkan untuk menggunakan sarung tangan, dan masker. Usai bekerja para pekerja juga diharuskan membersihkan badan dan berganti pakaian,” terang Syafaruddin.

Para peserta PKM juga diajak untuk berkeliling melihat sampah anorganik yang disimpan di bank sampah yang sudah dibentuk oleh TPST 012, sehingga sampah tersebut lebih terorganisir dengan baik. Di hari ketiga, para pekerja di TPST 012 mendapatkan edukasi tentang K3. Materi K3 disampaikan oleh Rahmayanti.

“Edukasi dan pelatihan K3 ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja, serta meningkatkan kesadaran dan pengetahuan untuk pekerja. Pelatihan K3 ini juga memiliki tujuan agar pekerja mampu memahami dan mempraktikkan secara langsung tindakan keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja, mengidentifikasi potensi bahaya di tempat kerja, melakukan tindakan pencegahan terjadinya kecelakaan kerja, dengan menggunakan alat pelindung diri sesuai kebutuhan,” papar Rahmayanti.(irm)

 

Sumber:tangselpos.id

Share your love