PKM 2020 UNPAM MENGABDI

Dosen UNPAM Berikan Pelatihan Manajemen Keuangan Kepada Wali Murid Rumah Pintar Al Ikhlas.

Visione.co.id – Dosen UNPAM melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan memberikan pelatihan manajemen keuangan kepada wali murid peserta didik Rumah Pintar Al Ikhlas Tangerang Raya.(Jumat, 6/11/2020)

Perekonomian yang semakin menurun di tengah wabah Covid-19 membuat banyak perusahaan harus melakukan PHK secara masal serta merumahkan karyawan. Situasi yang luar biasa ditengah pandemic dapat melumpuhkan perekonomian dunia termasuk perekonomian Indonesia. Semua lapisan masyarakat turut menanggung dampak yang berlipat karena adanya himbauan dari pemerintah agar membatasi aktivitas di luar rumah seperti melakukan WFH (Work From Home) yang bertujuan untuk memutus mata rantai virus Covid-19.

Kaum ibu, terutama yang sudah berkeluarga dan memiliki tanggungan memiliki potensi stres lebih tinggi dalam masa pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan karena munculnya sejumlah rutinitas baru di dalam rumah, diantaranya membantu anak belajar yang saat ini dilakukan secara online otomatis harus bisa menjadi guru, belum lagi pengeluaran tambahan misalnya harus membeli perlengkapan kesehatan, seperti: masker, hand sanitizer, dan kebutuhan kesehatan lainnya.

Untuk mewujudkan kaum ibu yang berpengetahuan, berkompentensi, mempunyai keterampilan dalam meengatur keuangan, serta memiliki akhlak yang baik,  Dosen Universitas Pamulang Program Studi Manajemen yang terdiri dari Ratna Dumilah, S.E., M.M., Munarsih, S.S., M.M., Ernawati Suwarno, S.H., M.H., Irenne Putren, S.Pd. , M.Pd., Welly Indra, S.H., M.H. bekerjasama dengan Rumah Pintar Al – Ikhlas Tangerang Raya melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan pada tanggal 6 – 8 November 2020 dengan tema “Kiat Manajemen Keuangan dalam Menghadapi Krisis atau Situasi yang Tidak Terduga pada Masa Pandemi Covid-19”. Kegiatan PKM mendapat dukungan penuh dari Dr. Kasmad, S.E, M.Mselaku Ketua Program Studi Manajemen S-1 Universitas Pamulang.

Kegiatan yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Munarsih yang kemudian dilanjutkan sambutan ketua PKM Ratna Dumilah, yang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin karena hal ini adalah salah satu Tri Dharma perguruan tinggi, selain melaksanakan kegiatan pembelajaran di kampus. Kegiatan pelatihan ini akan disampaikan oleh tim Kami kepada Bapak/Ibu peserta didik Rumah Pintar semoga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat anggaran rumah tangga,” ujarnya.

Welly Indra, sebagai narasumber dengan santai dan luwesnya memberikan pelatihan manajemen keuangan kepada peserta yang hadir dalam membuat anggaran rumah tangga dengan cara menjelaskan serta memberikan gambaran berbagai kemungkinan yang terjadi di saat ini dan kedepannya tanpa kita duga. Semua peserta yang hadir menyimak dengan penuh antusias. Selain itu, Welly pun Welly pun berharap kepada semua yang hadir semoga setelah kegiatan ini,  pengetahuan dan pemahaman ibu atau wali murid peserta didik Rumah Pintar Al-Ikhlas Tangerang Raya semakin meningkat dan semakin terampil dalam membuat anggaran rumah tangga” Imbuhnya.

Ibu Siti, salah seorang wali murid merasa senang mendapatkan ilmu da pengetahuan baru dalam mengelola keuangan yang bertamabah pusing.” Pungkasnya. Mudah-mudahan kita semua nih….bisa mempraktekkan dalam keseharian dirumah msing-masing.” Imbuhnya dengan nada penuh semangat.

Sumber : visione.co.id