OPINI OPINI 2020

Persiapkan Diri Dengan Kebiasaan Baik di Dalam Kehidupan NEW NORMAL

Media Kontroversi – Setelah berbulan-bulan kita menghadapi pandemi virus Covid-19 yang terus menginfeksi jutaan orang di dunia, kini saatnya bangsa Indonesia mulai bersiap memasuki fase New Normal yang rencananya akan diterapkan mulai awal Juni ini. Pemerintah telah menginstruksikan kepada masyarakat umumnya agar fase kenormalan baru ini dapat dipersiapkan dengan baik, dimana kita harus tetap bersiap dan menyesuaikan diri terhadap pandemi virus Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini.

Lalu kebiasaan baik apa yang harus dilakukan pada kehidupan New Normal ?
1. Tetap biasakan rajin mencuci tangan dengan sabun setelah berpergian dan beraktifitas diluar rumah.
Menjaga kebersihan tangan tentunya sangat baik untuk mencegah penyebaran bakteri dan virus baik terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain, selain itu tentunya presedur mencuci tangan yang baik juga sangat perlu dilakukan.

2. Membiasakan diri untuk tidak menyentuh area wajah dengan tangan secara langsung.
Wajah, mata, hidung dan mulut juga merupakan akses masuknya virus kedalam tubuh kita, baiknya cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh area wajah.

3. Membiasakan diri melakukan etika batuk dan bersin dimanapun dan kapanpun.
Menutup mulut dengan tisu atau dengan lengan ketika bersin dan batuk merupakan etika batuk dan bersin yang wajib dilakukan untuk menghindari menyebar dan meluasnya virus kepada orang lain dan lingkungan sekitar.

4. Gunakan Masker
Selalu gunakan masker kemanapun kita pergi, karena virus Covid-19 juga disebarkan oleh droplet (air liur) ketika seseorang batuk atau bersin yang mengeluarkan molekul virus.

5. Jaga Jarak Sosial saat beraktifitas
Lakukan jaga jarak sosial dengan orang lain dan hindari kerumuman orang banyak karena kita tidak pernah tau siapa orang diluar rumah yang membawa virus.

6. Isolasi Mandiri saat merasa kurang enak badan
Jika merasa kurang sehat atau tidak enak badan baiknya lakukan prosedur isolasi mandiri di dalam rumah, dengan sebelumnya komunikasikan kondisi diri dengan tenaga medis.

7. Selalu menjaga kesehatan, kebersihan diri dan lingkungan
Biasakan makan makanan yang sehat, istirahat yang cukup serta olahraga yang teratur dan minum multivitamin jika perlu untuk menjaga kekebalan tubuh disaat pandemi seperti ini.

Oleh : Tutri Indraswari, S.E., M.M
Dosen Universitas Pamulang

Sumber : mediakontroversi.co.id