LPPM UNPAM MENYELENGGARAKAN KEGIATAN SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (SENANTIAS) BATCH 1 TAHUN 2024

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang  menyelenggarakan diseminasi hasil-hasil penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk “Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SENATIAS)” Batch 1 Tahun 2024. Kegiatan ini merupakan wadah penyebarluasan ide dan gagasan maupun hasil penelitian dan PkM sekaligus sebagai bentuk  komunikasi para peneliti dan pengabdi guna meningkatkan peran penelitian dan PkM dalam membangun bangsa, dan negara Indonesia. Kegiatan diselenggarakan pada hari Jumat, 29 Maret 2024 dengan menggunakan virtual zoom. Kegiatan ini bertema “Peran Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang Unggul Dengan Memperkuat Kualitas Riset dan Inovasi Hasil Penelitian dan PkM”.

Kegiatan ini dikuti oleh Dosen dan mahasiswa dilingkungan Universitas Pamulang dan Universitas Pamulang Serang, serta diikuti juga oleh dosen dan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya. Acara Senantias Batch 1 Tahun 2024 ini diketuai oleh Bapak Didik Iswadi, S.Si., M.T; acara ini di moderatori oleh Ibu Aulia Nursyifa, S.Pd., M.Pd dan pembawa acara Bapak Jamaludin, S.E.I., M. Ec. Dev, dengan Narasumber pertama Ibu Prof. Dr. Siti Irene Astuti D, M.Si, beliau  merupakan Sekertaris Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Yogyakarta. Sedangkan Narasumber kedua Ibu Prof Dr. RR Dewi Anggraini, S.H., M.H yang merupakan  Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Guru Besar Universitas Pamulang.

Kegiatan Senantias memiliki tujuan: pertama, sebagai alur penelitian dan PkM yang wajib dilaksanakan oleh peneliti sebelum menyelesaikan laporan akhir, kedua diseminasi merupakan wadah mempublikasikan atau menginformasikan hasil peneliti dan PkM ke masyarakat umum, ketiga diseminasi juga bisa  tempat untuk sharing ilmu yang sudah didapatkan peneliti yang bisa sebarluaskan ke masyarakat.

Kegiatan Senantias diawali dengan pembukaan, laporan kegiatan oleh ketua LPPM Bapak Dr. Susanto SH, MM, MH,. Selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh rektor Universitas Pamulang sekaligus membuka kegiatan webinar oleh Rektor Universitas Pamulang Bapak Dr. E. Nurzaman, AM, MM, M.Si. Dalam sambutannya pak rektor memberikan pesan: “kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman dosen dan mahasiswa, karena penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan roh nya perguruan tinggi sehingga perlu memberikan makna untuk kehidupan masyarakat melahirkan inovasi yang bermanfaat dari produk yang dihasilkan dari perguruan tinggi. Diseminasi sangat bermanfaat untuk melakukan pengembangan lebih lanjut, riset bermanfaat di untuk masyarakat luas. Diharapkan dengan riset dijadikan sumber kebermanfaatan masyarakat untuk dijadikan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, sehingga dapat memberikan makna di masyarakat.”

Pemaparan materi pertama yang disampaikan oleh Ibu Prof. Dr. Siti Irene Astuti D, M.Si mengenai “Peran Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang Unggul Dengan Memperkuat Kualitas Riset dan Inovasi Hasil penelitian dan PkM”. Dalam pemarapannya Prof Irene memberikan arahan bahwasanya: “Pentingnya mengetahui bagaimana culture perguruan tinggi untuk support pengembangan perguruan tinggi, Dosen harus memiliki roadmap peneliti juga tidak berhenti sampai meneliti namun ditindaklanjuti untuk kegiatan PkM. Perguruan tinggi memiliki upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia yang unggul, proses SDM yang unggul dicirikan SDM yang selalu belajar, memiliki pengetahuan, tekun, ulet, tanggung jawab, mampu melaksanakan tugas, produktif, jujur, inovatif, bekerjasama, dapat dipercaya, loyalitas ”.

Dalam pemaparannya Prof Irene memberikan strategi dalam memperkuat SDM yang unggul yaitu: mencermati kembali visi dan misi, memperhatikan pedoman tata kelola, adanya aturan yang jelas, student body yang kuat misalnya pemetaan mahasiswa yang konsen dalam riset di bidang apa, SDM, infrastruktur, Tridharma PT, dan perlu adanya kolaborasi dengan perguruan tinggi lain”.

            Pemaparan materi kedua yang disamapaikan oleh Ibu Prof Dr. RR Dewi Anggraini, S.H., M.H memberikan materi mengenai : Meningkatkan Kualitas Riset dan Inovasi Hasil Penelitian dan PkM Untuk Memperkuat SDM yang Unggul. Prof Dewi menjelaskan bahwa: “Universitas Pamulang sangat support kegiatan tridharma perguruan tinggi, di Unpam semua sistem yang ada dihasilkan dari hasil riset dan inovasi dosen dan mahasiswa seperti PLTS, Insenarator, Pertanian, dan sebagainya. Perguruan tinggi menghasilkan wirausaha dan bisnis di Unpam seperti Bisdev, Rama Teknik, Labstore, setiap tahun mahasiswa unpam mendapatkan modal usaha Kemenpora, dan sebagainya. Hasil penelitian dosen dapat dilanjutkan dalam kegiatan PkM, kegiatan PkM tidak hanya dibiayai oleh pemerintah namun juga dari pemerintah daerah, Perusahaan, lembaga terkait. Adapun kegiatan PkM yang dilakukan dosen maupun mahasiswa yang bermanfaat bagi masyarakat diantaranya pelatihan teknisi AC, tata rias, pengelolaan sampah, pembinaan UMKM kewirausahaan digital, dan sebagainya.

Kegiatan pemaparan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, peserta webinar Senantias sangat antuasias dalam bertanya kepada narasumber.

Acara ini memberikan pengetahuan dan wawasan bagi dosen dan mahasiswa mengenai fungsi perguruan tinggi, tujuan perguruan tinggi, ciri sdm unggul, inovasi dalam penelitian, strategi perguruan tinggi dalam membangun sdm unggul, ekspektasi masyarakat terhadap perguruan tinggi, revolusi pengabdian, dosen penggerak, studi/proyek independen, pengabdian masa depan, prinsip dasar dalam pengabdian kepada masyarakat, kondisi penelitian & pengabdian saat ini, pengembangan kerjasama, menetapkan mutu kegiatan, konsep dasar pkm, menemukan ide, tips mencari topik yang kreatif secara cepat dan tepat, hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Selanjutnya acara diseminasi kegiatan penelitian dan PkM yang diikuti 80 kelompok yang akan akan dipublikasikan dalam prosiding SENANTIAS. Pemakalah berasal dari lingkungan Universitas Pamulang dan Universitas Pamulang Serang serta berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Share your love