RAMADHAN LECTURE SERIES 2024 DAY 6: Momentum Ramadhan Sebagai Upaya Membangun Kesetaraan Gender, Mencegah Diskriminasi, Dan Kekerasan

Pada tanggal 21 Maret 2024, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang menggelar sesi yang sangat menyentuh dari Seminar Ramadhan Lecture Series. Pada hari keenam acara ini, narasumber yang terhormat, Ibu Aulia Nursyifa S.Pd., M.Pd., menyampaikan tema yang berbobot, yaitu “Momentum Ramadhan Sebagai Upaya Membangun Kesetaraan Gender, Mencegah Diskriminasi Dan Kekerasan”.

Acara yang diselenggarakan secara daring ini tidak hanya memberikan wawasan tentang pentingnya kesetaraan gender dan pencegahan diskriminasi serta kekerasan, tetapi juga menghadirkan momen emosional dengan pemutaran video yang berkaitan dengan kasih sayang seorang ibu. Video tersebut menyentuh hati para peserta dan memberikan sudut pandang yang lebih dalam tentang pentingnya menghormati dan mendukung peran perempuan dalam masyarakat.

Ibu Aulia Nursyifa, seorang pendidik dan pembela hak-hak perempuan, membawakan presentasi yang menggugah hati tentang bagaimana momentum Ramadhan dapat digunakan sebagai kesempatan untuk merenungkan peran gender dalam masyarakat dan untuk memperkuat komitmen terhadap kesetaraan, keadilan, dan penghapusan diskriminasi.

Dalam presentasinya, Ibu Aulia mengajak peserta untuk merefleksikan nilai-nilai kasih sayang, penghargaan, dan dukungan yang tercermin dalam budaya Ramadhan, dan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diterjemahkan ke dalam tindakan nyata untuk membangun masyarakat yang lebih inklusif dan adil.

Peserta seminar, yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum, merespons dengan sangat positif terhadap presentasi dan pemutaran video yang dilakukan oleh Ibu Aulia. Mereka terlibat dalam diskusi yang mendalam tentang tantangan dan peluang dalam mempromosikan kesetaraan gender dan mencegah diskriminasi serta kekerasan, serta bagaimana menerjemahkan nilai-nilai tersebut ke dalam tindakan sehari-hari.

Seminar Ramadhan Lecture Series Universitas Pamulang terus menjadi platform yang penting dalam memperkuat nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan dalam masyarakat. Diharapkan, acara-acara selanjutnya akan terus memberikan inspirasi dan pemahaman yang mendalam tentang isu-isu sosial yang penting.

Share your love