Diseminasi Hasil PkM Seminar Bersama Pengabdian Kepada Masyarakat (SEMBADRA) dengan Tema “Penguatan Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)”

Tangerang Selatan, Sabtu, 13 Januari 2024. Kegiatan pengabdian masyarakat adalah kegiatan implementasi kelimuan dan hasil-hasilnya yang disebarluaskan, diterapkan dan dibagikan kepada masyarakat baik masyarakat secara umum maupun instansi, organisasi, yayasan, industry dalam bentuk karya inovasi, pelatihan, seminar, penyuluhan, pendampingan dan lain-lainnya. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu komponen pada Tri Darma Perguruan Tinggi. Hasil Diseminasi PkM tentu harus dipublikasikan agar bermanfaat bagi banyak orang. Dalam menyebarluaskan hasil PkM dosen di Lingkungan Universitas Pamulang dan Universitas Pamulang PSDKU Serang. dengan demikian Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang Mengadakan kegiatan Diseminasi Hasil PkM yang diberi nama Seminar Bersama Pengabdian kepada Masyarakat (SEMBADRA) dengan tema tema “Penguatan Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM)”. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 Januari 2024.

Ketua panitia acara ini adalah Bapak Jamaludin, S.E.I., M. Ec. Dev. MC nya adalah Ibu Aulia Nursyifa, S.Pd., M.Pd. dan yang membaca do’a adalah Bapak Didik Iswadi, S.Si., M.T. Acara SEMBADRA dilaksanakan mulai pukul 07.20-16.00 dengan dua tahap kegiatan, Tahap Pertama, diadakan seminar nasional, dan tahap kedua merupakan sesi parallel Diseminasi hasil PkM para Dosen yang dibagi dalam 6 room zoom. Dalam acara seminar nasional menghadirkan 2 narasumber yaitu Prof. Dr. Johannes Ibrahim Kosasih, S.H., M.Hum. dari Universitas Warmadewa – Bali, dengan mengangkat tema khusus “Peran Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Berkelanjutan di Bidang Ekowisata”. Dan Narasumber kedua adalah Bapak Dr. Jan Setiawan, S.Si., M. Si. dari Universitas Pamulang, dengan Mengankat tema Khusus “Membangun Kultur Akademik dan Riset Untuk Mendorong Penyebarluasan Pengabdian Kepada Masyarakat”.

Gambar 3: Foto Bapak Dr. Susanto, S.H., M.M., M.H. saat melaporkan kegiatan Sembadra

Dalam acara seminar nasional dihadiri langsung oleh bapak Dr. E. Nurzaman AM, M.M., M.Si. selaku rektor Universitas Pamulang, Bapak Dr. Susanto, S.H., M.M., M.H. dan Seluruh Tim LPPM Universitas Pamulang.  Adapun rangkaian acaranya adalah Pembukaan, Mendegarkan lagu Indonesia Raya, Pembacaan do’a, dan sambutan Ketua LPPM dan Bapak Rektor Unpam. Dalam sambutanya Ketua LPPM Bapak Dr. Susanto, S.H., M.M., M.H. melaporkan dalam kegiatan Acara SEMBADRA sebanyak 91 judul PkM yang akan di diseminasi. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para dosen di seluruh Prodi atas partisipasinya dalam kegiatan ini, dan belua juga menyapaikan Ucapan terima kasih kepada panitian dan seluruh TIM LPPM yang telah meluangkan waktu dalam mengurus kegiatan SEMBADRA ini sehingga bisa berjalan dengan lancar. 

Gambar 4: Foto Bapak Dr. E. Nurzaman AM, M.M., M.Si saat memberikan sambutan dan membuka kegiatan SEMBADRA

Sambutan kedua disampaikan oleh Bapak Dr. E. Nurzaman AM, M.M., M.Si. selaku rektor Universitas Pamulang, dalam sambutannya Bapak Rektor Menyampaikan Ucapan terima kasih kepada Tim LPPM karena meskipun dalam suasana Libur masih menyelenggarakan kegiatan akademik dalam mendukung kemajuan LPPM dan Unpam dengan mengadakan Seminar nasional dan Diseminasi Hasil PkM, LPPM begitu aktif untuk mendorong para dosen dalam mendiseminasi hasil PkM maupun Penelitian, suapaya kehadiran para dosen ditengah-tengah masyarakat meskipun lewat zoom kedepannya dirasakan oleh masyarakat, dengan memanfaatkan informasi dari hasil PkM maupun Penelitian yang dilakukan oleh pada dosen di lingkungan Unpam. Selain sambutan Bapak Rektor sekaligus membuka secara resmi Acara Seminar dan Diseminasi Hasil Pk Mini.

Pada sesi siang dilakukan sesi parallel Diseminasi hasil PkM sebanyak 91 judul PkM yang sudah dilakukan oleh para Dosen, Sesi parallel dibagi dalam 6 ruang Zoom dan 6 moderator yang bertanggung jawab di masing-masing room nya. Pada zoom room 1 dimoderatori oleh Ibnu Sina, S.P., M.Sc. ;  room 2 dimoderatori oleh Bapak Achmad Chaerul Muslim, S.T., M.T.; room 3 domoderatori oleh Bapak Asep Erlan Maulana, S.Kom., M.Kom.; room 4 dimoderatori oleh Bapak Azhar Fathoni, S.Kom.; room 5 adalah Bapak Didik Iswadi, S.Si., M.T., dan room 6 dimoderatori oleh Bapak Jamaludin, S.E.I., M.Ec. Dev.

Alhamdulillah sesi parallel berjalan dengan lancar dan masing-masing moderator di tiap room dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Penulis: Jamaludin, S.E.I., M. Ec. Dev.