KEGIATAN COACHING LPPM UNIVERSITAS PAMULANG PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN DAN ABDIMAS TAHUN 2024

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang menyelenggarakan kegiatan: Coaching Clinic Penyusunan Proposal Penelitian Dan Abdimas, Tips dan Trik Menembus Hibah Penelitian dan Abdimas Kemendikbudristek Tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, 8 Desember 2023. Kegiatan Coaching Cinic dilakukan secara offline di ruang Teleconference Universitas Pamulang dan dilakukan secara online menggunakan zoom meeting untuk dosen dari Universitas Pamulang Serang. Peserta kegiatan Coaching Clinic berjumlah 250 orang dosen di Universitas Pamulang, 10 dosen dari Stikes Widya Dharma Husada, 110 orang dosen dari Universitas Pamulang Serang menggunakan zoom meeting. Narasumber pada kegiatan ini dari internal dan eksternal, Narasumber Eksternal yaitu: Prof (Em) Dr. Sc. Agr. Ir. Didik Sulistyanto (Universitas Borobudur/Konsultan Riset Nasional), sedangkan narasumber dari pihak internal Universitas Pamulang yaitu Dr. Masno Marjohan, S.E., M.M (Dosen Universitas Pamulang/Penerima Hibah BIMA 2023).

Kegiatan Coaching Clinic ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas dosen dalam membuat proposal penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat sehingga diharapkan dapat menembus hibah penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat Kemendikbudristek tahun 2024. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC Ibu Aulia Nursyifa SPd M.Pd, Doa yang dipimpin oleh Bapak Didik Iswadi S.Si., M.T; mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan laporan panitia seminar yang disampaikan oleh Ketua LPPM Universitas Pamulang Bapak Dr. Susanto, SH., MM., MH, menyampaikan bahwa: “kegiatan Coaching Clinic merupakan kegiatan rutin yang dilakukan LPPM untuk memfasilitasi dosen dalam membuat draft proposal yang berkualitas sehingga dapat menembus hibah kemendikbudristek tahun 2024, terimakasih kepada ketua pelaksana kegiatan yaitu Bapak Ibnu Sina M.Sc, dan panita yang bertugas dalam mensukseskan terlaksananya kegiatan ini”. Kegiatan Coacing Clinic secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Pamulang Bapak Dr. E. Nurzaman AM., MM., M.Si, memberikan arahan kepada peserta Coaching Clinic tentang pentingnya acara ini untuk dosen di lingkungan Universitas Pamulang dan Universitas Pamulang Serang. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada para narasumber dan foto bersama dengan peserta Coaching Clinic baik peserta yang hadir dalam ruang Teleconference maupun yang hadir dalam ruang Zoom.

Narasumber pertama yaitu Prof (Em) Dr. Sc. Agr. Ir. Didik Sulistyanto (Universitas Borobudur/Konsultan Riset Nasional, menyampaikan materi Coaching Clinic mengenai: “Trips dan Trik Pembuatan Proposal Penelitian untuk Lolos Hibah BIMA 2024”. Moderator dalam materi 1 yaitu Bapak ibnu Sini, M.Sc. Sedangkan narasumber kedua Dr. Masno Marjohan, S.E., M.M (Dosen Universitas Pamulang/Penerima Hibah BIMA 2023), menyampaikan materi mengenai: “Susunan Proposal Penelitian yang Baik agar Lolos Hibah BIMA 2024”. Moderator sesi materi ke-2 yaitu Jamaludin S.Ei., M.Ec Dev. Setelah pemaparan dari para narasumber, dilanjutkan dengan sesi diskusi oleh peserta Coaching Clinic. Peserta Coaching Clinic sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan kepada para narasumber sehingga diskusi sangat interaktif mengenai pengalaman dosen yang gagal dalam menembus hibah dari Kemendikbudristek sebelumnya, dan juga pertanyaan bagi dosen yang baru mengajukan hibah dari Kemendikbudristek. Pemaparan materi sangat berguna bagi dosen untuk mempersiapkan diri dalam menembus hibah penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemendikbudristek tahun 2024.

Sebagai tindaklanjut dari kegiatan Coaching Clinic, LPPM Universitas Pamulang akan mendampingi Bapak/Ibu dosen di lingkungan Universitas Pamulang dan Universitas Pamulang Serang untuk dapat menembus Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sampai dengan upload proposal di Bima. Semoga tahun 2024 banyak judul penelitian dan PkM dosen di lingkungan Universitas Pamulang yang dapat hibah  Kemendikbudristek tahun 2024.