SEMINAR NASIONAL KEBANGSAAN DALAM PELAKSANAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) bekerjasama dengan  Program Studi Ilmu Hukum S2 Universitas Pamulang menyelenggarakan seminar dengan tema: Semangat Kebangsaan Dalam Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pada: Senin, 30 Oktober 2023. Kegiatan seminar dilakukan secara daring (online)  yang diikuti oleh 518 peserta dari mahasiswa Magister Hukum dan para dosen magister Hukum. Narasumber pada kegiatan ini dari internal dan eksternal Universitas Pamulang. Narasumber Eksternal Universitas Pamulang yaitu: Ibu Dr. Hj Azizah S.H., M.Hum Selaku Wakil Rektor 1 Universitas Islam Ogan Ilir Kayu Agung Sumatera Selatan, sedangkan narasumber dari pihak internal Universitas Pamulang yaitu Ibu Dr. Neva Sari Susanti, SH, M.Hum selaku Aspidum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan sebagai Dosen Program Studi Ilmu Hukum S2 Universitas Pamulang.

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta, termasuk mahasiswa, dosen, dan stakeholder perguruan tinggi, tentang peran penting perguruan tinggi dalam meningkatkan semangat kebangsaan dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Kegiatan Seminar diawali dengan pembukaan oleh MC Ibu Aulia Nursyifa SPd M.Pd, Doa yang dipimpin oleh Bapak Didik Iswadi S.Si., M.T; mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan dengan laporan panitia seminar yang disampaikan oleh Ketua LPPM Universitas Pamulang Bapak Dr. Susanto, SH., MM., MH, menyampaikan bahwa: “kegiatan seminar semangat kebangsaan yang diselenggarakan atas kerjasama LPPM dengan Magister Hukum, terimakasih kepada ketua pelaksana kegiatan seminar yaitu Bapak Achmad Chaerul Muslim, S.T., M.T dan panita yang mensukseskan terlaksananya kegiatan seminar ini”. Kegiatan seminar secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor yang mewakili rektor Universitas Pamulang yaitu Assos. Profesor Dr. M. Wildan, SS., M.A memberikan arahan kepada peserta seminar bahwasanya pentingnya acara ini untuk memberikan semangat bagi dosen, mahasiswa, dan seluruh sivitas akademika untuk memiliki semangat kebangsaan dalam menjalankan Tridharma Pendidikan Tinggi.

Seminar ini menghadirkan Keynote Speaker dari Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Pamulang: Prof . Dr. Oksidelfa Yanto, S.H., M.H yang memberikan inspirasi dalam upaya meningkatkan semangat kebangsaan bagi insan akademik. Kegiatan seminar dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber, dipandu oleh moderator: Bapak Jamaludin S.Ei., M.Ec Dev. Narasumber pertama yaitu Ibu Dr. Hj Azizah S.H., M.Hum  sebagai Wakil Rektor 1 Universitas Islam Ogan Ilir Kayu Agung, menyampaikan materi seminar mengenai: “Implementasi  Nilai Kebangsaan Dalam Kaitannya Dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi”. Dalam pemaparan materinya narasumber menyampaikan bahwa: “Kebangsaan merupakan nilai yang dapat tersimpul dari UUD 1945 dan dalam kaitannya dengan pelaksaan tri dharma perguruan tinggi, maka nilai kebangsaan dimaksud harus terimplementasi yang tercermin dari sikap tindak atau perilaku bagi kalangan akademisi (dosen dan mahasiswa)”.

Narasumber kedua Ibu Dr. Neva Sari Susanti, SH, M.Hum selaku Aspidum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Dosen Program Studi Ilmu Hukum S2 Universitas Pamulang, menyampaikan materi mengenai: “Strategi Pencegahan Dan Pemberantasan Korupsi Perwujudan  Bela Negara”. Dalam pemaparannya Ibu Dr. Neva Sari Susanti, SH, M.Hum memberikan saran bagi Universitas Pamulang:” Strategi pencegahan dan pemberantasan Tindak Pidana Korupsi melalui Para Cendikia Universitas Pamulang dengan melakukan Kerjasama dengan berbagai instansi dalam maupun luar negeri dalam pencegahan anti korupsi, membuat Kurikulum Anti Korupsi dalam pada semua fakultas, melakukan Pengabdian masyarakat khusus pada Anti Korupsi secara berkala, Study visit ke aparat penegak hukum, Membuat laboratorium pembentukan karakter anti korupsi, Pembentukan pusat unggulan study anti korupsi, Sebagai Pelopor penyelenggaran Moot court competition antar Universitas”. Setelah pemaparan dari para narasumber, dilanjutkan dengan sesi diskusi oleh peserta seminar. Peserta seminar sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan kepada para narasumber sehingga diskusi sangat interaktif mengenai tema yang disampaikan oleh narasumber.

Kegiatan seminar dilanjutkan dengan kegiatan call papper, para peserta seminar mempresentasikan hasil penelitian maupun hasil pemikirannya. Artikel yang dikirimkan kepada panitia sebanyak 30 judul yang berasal dari mahasiswa dan dosen Program Studi Magister Hukum Universitas Pamulang. Peserta seminar mempresentasikan hasil tulisannya dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Luaran dari kegiatan seminar ini yaitu adanya luaran Artikel ilmiah hasil karya mahasiswa magister hukum yang akan terbit pada jurnal dalam keilmuan ilmu hukum yang ada di Universitas Pamulang. Dengan berakhirnya sesi presentasi artikel maka berakhir pula kegiatan seminar acara ditutup dengan kegiatan foto bersama seluruh peserta seminar.