Bimbingan Teknis Pengelolaan Jurnal ilmiah Menuju Akreditasi Sinta 2 Seri ke 2

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) tentang Pengelolaan Jurnal Ilmiah menuju Akreditasi Sinta 2. Kegiatan dilakukan secara luring selama 1 hari yaitu pada hari selasa, tanggal 8 Agustus 2023.  Narasumber pada kegiatan ini merupakan Managing Editor pada Jurnal Profesi Medika yang sudah terakreditasi Sinta 2, Asosiate Editor DOAJ dan Asesor Manajemen Arjuna Kemendikbudristek yaitu Dwi fajar Saputra, S.Sos, M.M. Kegiatan ini diikuti oleh 36 peserta yang berasal dari 4 Jurnal terakreditasi Sinta 3, 12 Jurnal terakreditasi Sinta 4, 18 Jurnal terakreditasi Sinta 5 dan 2 Jurnal terakreditasi Sinta 6.

Ketua LPPM Universitas Pamulang yaitu Dr Susanto menjelaskan harapan kedepannya dengan diadakan kegiatan ini, maka menjadi penyemangat para pangelola jurnal yang hadir untuk bisa memperbaiki pengelolaan manajemen artikelnya dan Langkah selanjutnya melakukan reakreditasi jurnalnya ke Sinta 2.

Hal Senada juga disampaikan oleh Wakil Rektor 3 yaitu Dr. M. Wildan, S.S., MA yang mewakili Rektor Universitas Pamulang, yang membuka acara ini. Dengan adanya bimtek ini mudah-mudahan ada jurnal ilmiah Unpam yang terakreditasi Sinta 2 dan harapannya bisa membantu para dosen internal yang akan menaikkan Jabatan Fungsionalnya seperti pada kampus-kampus lain. Lalu menjadi  penyemangat para pengelola jurnal untuk mengelola dan memperbaiki manajemen proses penerbitan artikel-nya agar di tahun ini minimal ada 2 sampai 3 Jurnal yang terakreditasi Sinta 2.

Sementara itu, pemateri workshop Dwi Fajar Saputra memberikan materi mengenai Indeksasi Indeks Copernicus, pembahasan sisi manajemen jurnal ilmiah berdasarkan dari poin-poin nilai akreditasi yang berasal dari Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah dan poin-poin kelayakan untuk masuk DOAJ. Beliau juga melakukan review secara rinci dan jelas dengan melihat kondisi beberapa jurnal ilmiah peserta bimtek untuk dapat terindeks Indeks Copernicus dan DOAJ sehingga kedepannya Jurnal-Jurnal tersebut berpotensi menjadi jurnal yang terakreditasi Sinta 2 atau bahkan menjadi Jurnal Internasional Bereputasi. (AEM).

Share your love