Pemanfaatan aplikasi Power Point untuk pembuatan video pembelajaran MTs Insan Kreasi Tenjo, Kab. Bogor.

Foto Bersama Siswa MTs Insan Kreasi Tenjo, Kab. Bogor

Kelompok Dosen Prodi Teknik Informatika Universitas Pamulang bekerja sama dengan MTs Insan Kreasi, yang terletak di Jl. Parung Panjang rt. 001/07 Batok, Tenjo, Bogor, Jawa Barat. Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan bimbingan kepada guru dan siswa. Bentuk Kegiatan kerjasama yang dilakukan yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dengan tema Pemanfaatan aplikasi Power Point untuk pembuatan video pembelajaran MTs Insan Kreasi Tenjo, Kab. Bogor.

Kegiatan yang diketuai oleh Asep Erlan Maulana, S.Kom., M.Kom. ini dilaksanakan selama 3 hari. Kegiatan dibagi menjadi beberapa sesi acara, dimulai dari hari kamis tanggal 9 Maret 2023 sampai dengan hari sabtu tanggal 11 Maret 2023. Tim PkM Dosen yang bertugas sebagai narasumber utama, adalah Bu Thoyyibah. T, S.Kom., M.Kom. dan Pak Tomi Hardi, S.Kom., M.Kom yang berkolaborasi dengan Tim PkM lainnya yaitu Ibu Rusyda Maulida, S.Pd., M.Pd., Bapak Wasis Haryono, S.Kom., M.Kom., dan Ibu Tita Puspitasari, S.Pd., M.Pd., dalam PkM-nya juga memberikan informasi dan sosialisasi digital citizenship. PkM ini juga kolaborasi dengan beberapa mahasiswa Universitas Pamulang. Tugas para narasumber menyampaikan materi mengenai penyuluhan aplikasi Power Point untuk pembuatan video pembelajaran sehingga membantu pembelajaran siswa dikemas dengan teknik yang sangat menarik, sehingga dengan natural 48 siswa/i dan 24 guru MTs Insan Kreasi yang menjadi peserta kegiatan sangat antusias untuk mencoba langsung dari apa yang sudah disampaikan. 

Selama sosialisasi dan penyuluhan, siswa sangat antusias untuk mengajukan pertanyaan. Kami menerima tanggapan yang sangat baik dari para peserta, yang membuat kami senang dan bangga. Selain itu, Tim Dosen Pengabdian Masyarakat sudah menyiapkan hadiah untuk peserta yang berani mengajukan pertanyaan. Kegiatan ini pun berkolaborasi dengan Mahasiswa semester 5 dari program studi Teknik Informatika Universitas Pamulang dan pihak guru pada MTs Insan Kreasi Tenjo, Bogor.

Dalam kegiatan yang mengusung tema ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat bagi para peserta yaitu siswa/i MTs Insan Kreasi, tetapi juga bagi para Mahasiswa yang ikut berpartisipasi dan terjun langsung agar mereka memahami makna dari menuntut ilmu sejatinya adalah untuk mengabdi, memberikan sebanyak-banyaknya manfaat dari ilmu yang kita miliki untuk melayani masyarakat yang membutuhkan, walaupun sederhana bagi kita, namun bermakna untuk mereka. 

Pada akhir kegiatan, bapak Asep Erlan Maulana, S.Kom., M.Kom., sebagai ketua Tim Dosen PKM menyampaikan tanda terima kasih kepada pihak sekolah yang telah bekerja sama dan memberikan ruang serta waktu sehingga pelaksanaan PKM dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan tepat sasaran akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi peserta tetapi juga bagi Pihak Universitas, pihak Sekolah merasa sangat senang mendapat kesempatan dikunjungi oleh Tim PKM, selain merasa terbantu sudah difasilitasi materi ajar untuk peserta didiknya juga bisa membangun kerja sama dan silaturahmi untuk kedepannya dengan Pihak Universitas dalam kegiatan-kegiatan selanjutnya. (AEM)

Share your love