Bimbingan Teknis Pengelolaan Jurnal ilmiah Menuju Akreditasi Sinta 2 Seri ke 1

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menggelar Bimbingan Teknik tentang Jurnal Ilmiah. Kegiatan dilakukan secara offline selama 1 hari (Rabu, 24/05/2023) dengan tema Bimtek Pengelola Jurnal Ilmiah Menuju Akreditasi Sinta 2.  Dengan mengundang Chief Editor dari Atom Indonesia yang sudah terakreditasi Sinta 1 dan Asesor Substansi Arjuna Kemendikbudristek yaitu Prof. Dr. Julwan Hendry Purba, ST., M.App.IT. sebagai Narasumber. Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari 4 Jurnal terakreditasi Sinta 3, 3 Jurnal terakreditasi Sinta 4 dan dan Sinta 5.

Dr Susanto selaku Ketua LPPM Universitas Pamulang menjelaskan bahwa Unpam ini mempunyai 99 Jurnal diantaranya sudah ada 35 jurnal yang sudah terakreditasi Sinta 3-6. Namun belum ada Jurnal yang terakreditasi Sinta 2. Harapan kedepannya dengan diadakan kegiatan ini, maka menjadi semangat pangelola jurnal yang hadir untuk bisa melakukan akreditasi ke Sinta 2.

Hal Senada juga disampaikan oleh Rektor Universitas Pamulang, Dr. Drs. E Nurzaman, M.M., M.Si yang membuka acara ini. Adanya bimtek ini mudah-mudahan menjadi penyemangat para pengelola jurnal untuk mengelola dan memperbaiki substansi dan manajemen proses penerbitan artikel-nya agar di tahun ini minimal ada 2 Jurnal yang terakreditasi Sinta 2. Kemudian ditahun-tahun yang akan datang, semua jurnal unpam minimal bisa terakreditasi Sinta 2.

Sementara itu, pemateri workshop Prof. Julwan memberikan materi mengenai poin-poin nilai akreditasi dari sisi substansi artikel berdasarkan dari Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah. Beliau juga melakukan review secara rinci dan jelas dengan melihat kondisi beberapa jurnal ilmiah peserta bimtek yang akan dilakukan reakreditasi Sinta 2. (AEM)

Share your love