Pelatihan Perawatan dan Service Ringan Pada Kendaraan Sepeda Motor Matic Untuk Warga Muncul, Tangerang Selatan

Para Dosen Universitas Pamulang bersemangat untuk melaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM) sebagai bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu lokasi yang dipilih untuk pelaksanaan PKM oleh salah satu tim PKM Teknik Mesin Universitas Pamulang tersebut adalah pemukiman Warga Kampung Sengkol RT 01 RW 01 Kelurahan Muncul Kecamatan Setu Tangerang Selatan Provinsi Banten pada tanggal 6-7 Mei 2023.

Dalam pelaksanaan PKM semester Ganap 2022-2023, tema yang diusung yaitu PELATIHAN PERAWATAN DAN SERVICE RINGAN PADA KENDARAAN SEPEDA MOTOR MATIC UNTUK WARGA MUNCUL TANGERANG SELATAN. Dalam kehidupan manusia Kendaraan motor metik nampaknya telah menjelma menjadi kebutuhan pokok untuk pekerja khususnya di kota besar. Meski ada transportasi umum, nyatanya banyak orang menganggap bahwa memilikinya sendiri akan lebih efektif dan dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Masyarakat pada umumnya belum mengetahui bagaimana cara merawat suatu kendaraan motor matic agar dapat berjalan sesuai dengan standarnya.

PKM dengan tema Pelatiahan dan perawatan sepeda motor matic dilaksanakan oleh 3 dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang, yaitu Slamet Rahardian,S.T., M.T. , Muhamad Cahyadi, S.T., M.T. , Irwan Aranda, S.T., M.T. dan beberapa mahasiwa teknik mesin Universitas Pamulang. Dalam pelatihan ini masyarakat diberikan teori pengetahuan bagaimana dasar-dasar perawatan servis ringan dan melakuan praktek yang dilakukan oleh Slamet Rahardian, ST., M.T. pada PKM ini, seperti memberikan peragaan bagaimana cara melakukan perawatan ringan pada motor metik, yang diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan bagi masyarakat.

Pelatihan yang dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu tanggal 6-7 mei 2023 diikuti sekitar kurang lebih 15 orang warga. Animo warga peserta pelatihan cukup baik ditandai dengan antusiasme warga yang mengikuti pelatihan dari awal pelaksanaan hingga akhir. Suasana pelatihan cukup santai namun serius, bahkan tidak sedikit pesertanya adalah melakukan tanya jawab terkait permasalahan sepeda motor matic yang sering terjadi.

Bapak Abdurrahman selaku Ketua RT. 001 RW. 001 Kelurahan Muncul Kecamatan Setu– Tangerang Selatan menyambut baik kegiatan PKM dari Universitas Pamulang. beliau menyampaikan rasa terimakasih dan bangga atas kehadiran Universitas Pamulang di masyarakat dalam memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat. Beliau mengharapkan agar lebih banyak lagi diadakan pelatihan kepada warganya agar semakin banyak ilmu pengetahuan yang diperoleh dan menjadikan masyarakat menjadi mengerti tentang bagaimana melakukan perawatan kendaraan sepeda motor dengan baik.

Kontributor : Irwan Aranda