PELATIHAN MEMBUAT DESAIN LAPORAN KEUANGAN UMKM BERBASIS MICROSOFT EXCEL PADA UMKM TOKO KAMI

Dengan berkembangnya dunia bisnis yang sangat cepat dan dinamis. Sangat menuntut pada pengusaha UMKM untuk mengikuti perkembangan jaman. Untuk itu menyusun laporan keuangan menjadi faktor yang penting agar dapat membaca keberhasilan dalam bisnis UMKM. Laporan keuangan menjadi indikator dalam bisnis untuk membantu mengevaluasi kinerja bisnis.

Pada kesempatan ini Dosen Program Studi Akuntansi S1 sebagai salah satu prodi dibawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang yang terdiri dari 3 (tiga) orang dosen telah melakukan salah satu kewajibannya dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian masyarakat. Ketiga dosen tersebut adalah Dwi Septiani, S.E., M.M. sebagai ketua pengusul dan 2 narasumber yaitu Sunarto, S.E., M.M. dan Ferdiansyah, S.E., M.Ak.

Dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan pelatihan penyusunan desain laporan keuangan UMKM berbasis Microsoft Excel kepada salah satu UMKM yaitu UMKM Toko Kami.

Adapun kegiatan PKM dilakukan pada 27 Februari 2023 s/d 15 April 2023 yang dilakukan secara offline dari awal pengarahan sampai dengan membuat laporan keuangan UMKM berbasis Microsoft Excel. Untuk feedbacknya dilakukan evaluasi dari UMKM atas laporan keuangan berbasis Microsoft Excel yang sudah disusun.

Tempat dilakukan pengabdian adalah di UMKM Toko Kamiyang mempunyai bisnis menjual beberapa kebutuhan rumah tangga seperti sembako, dan juga menjual aneka makanan ringan serta agen pengiriman/ekspedisi Wahana.

Berikut ini adalah susunan acara dari awal sampai akhir proses PKM:

  1. Melakukan perkenalan company profile.
  2. Identifikasi masalah yang ada di UMKM Toko Kami dengan melakukan wawancara kepada owner.
  3. Pengumpulan data transaksi dan data-data yang ada di UMKM Toko Kami yang dilakukan menggunakan chat group whatsapp serta secara offline yang dilakukan secara continuous.
  4. Pertemuan kedua dengan melakukan pelatihan penyusunan laporan keuangan berbasis Microsoft Excel yang sudah kami buat untuk memudahkan dalam membuat laporan keuangan.
  5. Proses evaluasi yang dilakukan secara berkala dengan menggunakan chat group whatsapp dan offline. Di media ini menjadi tempat bertanya UMKM terhadap dosen terkait kendala yang dialami pada saat proses input data di sistem.

Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan dan dapat memberikan impact yang positif sehingga tercipta hubungan yang baik antara Universitas Pamulang dengan UMKM pada umumnya.

Penulis: Dwi Septiani, S.E., M.M.

Share your love