RAMADHAN LECTURES SERIES TENTANG PENGABDIAN SEBAGAI WUJUD AKTUALISASI DIRI (PERSPEKTIF ISLAM) 

Dalam mengisi kemuliaan Ramadhan LPPM Universitas Pamulang mengambil bagian dalam menyelenggarakan kegiatan yang di Beri Tema umum “RAMADHAN LECTURE”, acara tersebut diisi oleh Tim LPPM Unpam. Tujuan diadakan kegiatan tersebut adalah sebagai bentuk eksistensi LPPM di setiap Momen dalam rangka tetap produktif untuk menyelengarakan kegiatan yang sifatnya kajian non akademik.

Pada hari ini Kamis 30 Maret 2023 LPPM Unpam menyelenggarakan kegiatan Ramadhan Lecture seri ke-3 lewat aplikasi zoom dengan tema Khusus “Pengabdian Sebagai Wujud Aktualisasi Diri (Perspektif Islam)”. Dalam kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua LPPM Unpam Bapak Dr. Susanto, S.H., M.M., M.H. dan seluruh TIM LPPM Unpam. Adapun peserta nya adalah Dosen dan Mahasiswa di Lingkungan Universitas Pamulang dan Universitas Sutomo. Susunan acara dalam kegiatan tersebut adalah Pembukaan, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Do’a dan Sambutan Ketua LPPM Unpam. Yang menjadi MC sekaligus Moderator adalah Bapak Didik Iswadi, S.T., M.T., Pembaca do’a adalah Bapak Ahmad Chaerul Muslim, S.T., M.T., dan yang Menjadi Narasumber adalah Bapak Jamaludin, S.E.I., M. Ec. Dev.

Pada saat menyampaikan sambutan Bapak Dr. Susanto, S.H., M.M., M.H. selaku Ketua LPPM Unpam mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu Langkah LPPM untuk terus mengedukasi dan menginformasikan terkait tugas utama Dosen dan mahasiswa dengan memaklsimalkan dalam Mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama Salah satunya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). PKM dari segia Kuantitas dan Kualitas terus ditingkatkan demi meningkatkan penilaian dari PKM sendiri terutama untuk luarannya yang berupa jurnal dan prosiding. Beliau juga berharap semoga acara Ramadhan Lecture ini bisa berjalan dengan lancar sampai akhir seri nya.

Selanjurnya, Bapak Jamaludin, S.E.I., M. Ec. Dev. Selaku narasumber menyampaikan fokus kepada 3 poin, yaitu : Pertama, Pengabdian Wujud Aktualisasi Diri Mahasuiswa; Kedua, Pengabdian Wujud Aktualisasi Diri Dosen; Ketiga, wujud Aktualisasi Diri Pada Tuhan. Kesimpulan dari Materi yang disampaikan adalah Aktualisasi diri Mahasiswa tidak terlepas dari peran sebagai mahasiswa itu sendiri yaitu Peran Mahasiswa Sebagai “Iron Stock”, Peran Mahasiswa Sebagai “Agent of Change”, Peran Mahasiswa Sebagai “Guardian of Value”, Peran Mahasiswa Sebagai “Moral Force”, Mahasiswa Sebagai “Social Control”. Dosen dan Mahasiswa ditutut untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya pengabdian kepada masyarakat. Artinya denganpengabdian pada masyarakat merupakan salah satu bentuk aktualisasi diri yang penting dan bermanfaat bagi individu maupun masyarakat sekitar. Melalui pengabdian pada masyarakat, individu dapat merasakan kepuasan batin, mengembangkan keterampilan dan pengetahuan, memperluas jaringan sosial, dan mengembangkan sikap empati dan kepedulian terhadap sesama. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencapai aktualisasi diri yang lebih baik, pertimbangkanlah untuk terlibat dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Narasumber Juga menyampaikan bahwa Bentuk aktualisasi diri pada Allah merupakan suatu proses yang melibatkan upaya untuk memperdalam hubungan dan ketaatan kepada Allah SWT serta meningkatkan kualitas diri agar semakin dekat dengan kesempurnaan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam melakukan aktualisasi diri pada Allah, seseorang juga dapat merasakan kepuasan batin yang mendalam dan kedamaian hati. Melalui upaya-upaya tersebut, seseorang dapat meraih kebahagiaan sejati dan meraih tujuan hidup yang sesungguhnya, yaitu mencapai keridhaan Allah SWT.

Alhamdulilah acara berjalan dengan lancar dan mendapatkan apresiasi dan partisipasi aktif dari Dosen dan Mahasiswa.

Share your love