RAMADHAN LECTURES SERIES TENTANG SYARAT-SYARAT MENUJU AKREDITASI JURNAL ILMIAH (PEMETAAN DATA JURNAL LAYAK SUBMIT AKREDITASI)

Pada Bulan Ramadhan kali ini, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) mengadakan kegiatan Ramadhan Lecture Series. Kegiatan pada hari pertama pertama ini dimulai dengan tema “Syarat-syarat Menuju Akreditasi Jurnal Ilmiah (Pemetaan Data Jurnal Layak Submit Akreditasi)” yang menghadirkan bapak Asep Erlan Maulana, S.Kom., M.Kom sebagai Narasumber.

Pelaksanaan Ramadhan Lecture Series diselenggarakan pada hari Senin, 28 Maret 2023 dimulai pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB melalui media yang dipergunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings. Bertindak sebagai Moderator Ibu Shinta Ningtiyas Nazar, S.E., M.ACC., AKT., CA membuka acara kegiatan. Selanjutnya sambutan dibawakan oleh Kepala LPPM Unpam yaitu Bapak Dr. Susanto, S.H., M.M., M.H. Beliau berpesan meskipun saat ini sedang bulan Ramadhan, kita tetap produktif, menambah ilmu, menambah pengalaman dan sharing pengalaman. Kegiatan ini berlangsung selama beberapa hari yang diadakan dari tanggal 28 Maret sampai dengan 4 April 2023. Kegiatan selanjutnya menyanyikan lagu kebangsaan. Lalu pembacaan doa oleh bapak Didik Iswadi S.T., M.T. Selanjutnya sesi sharing materi oleh Narasumber.

Penyampaian materi tentang syarat-syarat Akreditasi Jurnal Ilmiah yang sesuai dengan Arjuna meliputi: (1) Memiliki ISSN dalam versi elektronik (e-ISSN) sesuai data di laman http://issn.pdii.lipi.go.id. (2) Mencantumkan persyaratan etika publikasi (publication ethics statement) dalam laman website jurnal. (3) Jurnal ilmiah harus bersifat, artinya memuat artikel yang secara nyata mengandung data dan informasi yang memajukan pengetahuan, ilmu, dan teknologi serta seni. (4) Jurnal ilmiah telah terbit paling sedikit 2 tahun sejak memperoleh E-ISSN, terhitung mundur mulai tanggal atau bulan pengajuan akreditasi. (5) Frekuensi penerbitan jurnal ilmiah paling sedikit 2 kali dalam satu tahun secara teratur. (6) Jumlah artikel setiap terbit sekurang-kurangnya 5 artikel. (7) Tercantum dalam Portal Nasional (8) Memiliki pengenal objek digital (Digital Object Identifier/DOI).

Pada materi yang dipaparkan oleh Asep, terdapat syarat Reakreditasi, yaitu (1) Akreditasi ulang diajukan sebelum habis masa akreditasi. (2) Jurnal ilmiah yang sudah mendapatkan akreditasi diperbolehkan mengajukan naik peringkat lagi paling cepat setelah menerbitkan 4 (empat) nomor terbitan dari nomor terbitan yang diajukan pada akreditasi sebelumnya dengan mengajukan hanya 1 (satu) nomor terbitan terakhir. Asep juga menyampaikan beberapa informasi terkait cara submit jurnal ilmiah ke Arjuna, cara akses menu Evaluasi Diri, dan Informasi penutupan sementara usulan Akreditasi Jurnal Ilmiah pada Portal Arjuna.

Pada sesi diskusi tanya jawab, beberapa peserta yang menghadiri kegiatan dan mayoritas pengelola jurnal Universitas Pamulang menanyakan terkait tidak bisanya mengakses dan mendownload pdf file. Hal tersebut terjadi dikarenakan error system yang terjadi pada Open Journal System (OJS). OJS ini merupakan website atau sistem pengelolaan Jurnal Ilmiah secara Electronic atau Online dari beberapa jurnal ilmiah Universitas Pamulang. Harapannya pihak terkait yaitu IT Center bisa dengan cepat memperbaiki error system pada OJS tersebut. Jika tidak cepat diatasi, Hal ini berdampak terhadap pengajuan Jafung Dosen pada bidang penelitian, Jumlah Sitasi pada Sinta, Penilaian Akreditasi Jurnal Ilmiah yang sudah mengajukan ke Arjuna dan Terhambatnya pengelolaan artikel secara online pada OJS. (AEM)

Share your love