PELATIHAN MAINTENANCE KIPAS ANGIN DI TPQ ASSHIDIQ DESA SURADITA KECAMATAN CISAUK KOTA TANGERANG SELATAN

Dosen Universitas Pamulang melaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM) sebagai bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu lokasi yang dipilih untuk pelaksanaan PKM oleh salah satu tim PKM Teknik Mesin Universitas Pamulang tersebut adalah di TPQ ASSHIDIQ Desa Suradita Kecamatan Cisauk Kota Tangerang Selatan.

Dalam pelaksanaan PKM semester Genap 2022-2023 kali ini, tema yang diusung yaitu Pelaithan maintenance Kipas Angin untuk Guru dan Staff di TPQ Asshidiq. Dalam kehidupan sehari-hari kipas angin merupakan salah satu alat yang banyak diminati oleh masyarakat sebagai  penyejuk ruangan karena harganya yang lebih ekonomis dibanding dengan alat penyejuk ruangan lainnya. Namun tidak semua orang mampu melakukan tindakan prenventif guna mencegah kerusakan pada kipas angin, sehingga kerusakan kipas angin menjadi masalah dan tidak dapat berfungsi, padahal hal tersebut dapat dihindari jika staff bisa melakukan tindakan preventif untuk mencegah kerusakan berupa perawatan berkala pada kipas angin, hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang pentingnya perawatan preventif tentang kipas angin disebabkan tidak semua orang membaca manual book dari kipas angin tersebut. Oleh karena itu tujuan PKM ini adalah memberikan pengetahuan bagaimana cara melakukan perawatan preventif pada kipas angin dan meningkatkan kasadaran kepada masyarakat tentang pentingnya maintanance kipas angin secara berkala guna memperpanjang umur pakai.

PKM dengan tema PKM Pelatiahan maintenance kipas aingin ini dilaksanakan oleh 3 dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang, yaitu Irwan Aranda, S.T., M.T., Sa’adah Meilufi, S.T., M.T., dan Ir. Sukandar M.T., dan 2 mahasiswa yaitu Aji M.R., dan A. Ryo G. Dalam pelatihan ini masyarakat diberikan pengetahuan bagaimana cara melakukan maintenance kipas angin seperti pembersiahan secara berkala setiap 1 bulan sekali, cara membuka dan merakit kipas angin, secara penyimpanan sebelum dan sesudah penggunaan.

Pelatihan yang dilaksanakan pada sabtu 11 Maret 2023 diikuti sekitar 10 orang staf dan guru. Respon peserta pelatihan cukup baik ditandai dengan antusiasme staf dan guru yang mengikuti pelatihan dari awal pelaksanaan hingga akhir. Suasana pelatihan cukup santai namun serius.

Ibu Ustadzah Siti Suhaibah sebagai pimpinan TPQ ASSHIDIQ menyambut baik kegiatan PKM dari Universitas Pamulang. Beliau menyampaikan rasa terimakasih dan bangga atas kehadiran Universitas Pamulang di masyarakat dalam memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat. Beliau mengharapkan agar lebih banyak lagi diadakan pelatihan kepada staf dan guru agar semakin banyak ilmu pengetahuan yang diperoleh.

Kontributor : Irwan Aranda

Share your love