SEMINAR, WORKSHOP DAN PELATIHAN

LPPM Universitas Pamulang Menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SENANTIAS) 2022

Pamulang, 30 November 2022 dan 1 Desember 2022  mengimplementasikan Program Kampus Merdeka terintergrasi.Di Era revolusi Industri digitalisasi 4.0 ke 5.0 terintergrasi dan dimasa edemi wabah covid 19, adanya Jawa-Bali dengan sekala kecil tidak mengurangi kegiatan LPPM dalam memberikan motivasi terbaik kepada Dosen. Kali ini menyelengarakan seminar berkelanjuatan yaitu SENANTIAS 2022  mengangkat  tema “Meningkatkan Produktivitas SDM Melalui Penelitian dan Pengabdian kepada Kepada Masyarakat Peserta Sebagian besar adalah Dosen dan Mahasiswa  Universitas Pamulang dan perserta lain dari PTS dan PTN.  Diantaranya :

  1. BRIN
  2. Universitas Persada Indonesia Y.A.I.
  3. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  4. Universitas Esa Unggul
  5. Politeknik Negeri Indramayu
  6. Universitas Pembangunan Jaya
  7. Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia – Makassar
  8. Universitas Sutomo
  9. Universitas Langlang Buana
  10. Universitas Bangka Belitung
  11. STIKES Budi Luhur Cimahi,

Pelaksanaan seminar diselenggarakan pada hari Rabu dan kamis, 30 November 2022 dan 1 Desember  2022 dimulai pukul 09.00  hingga pukul  12.30 WIB hari pertama, dan ke dua 1 Desember 2022 dilanjutkan presentasi sebagai pemakalah secara paralel melalui media yang dipergunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings.

Tujuan utama Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang merupakan bagian yang terintegrasi dengan pendidikan dan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sebagai wadah seminarkan hasil dari penelitian dan PkM sehingga ketiganya haruslah saling melengkapi dan menguatkan secara ekselerasi terus menerus memberikan pelayan terbaik secara sustainable, kepada seluruh civitas dan dosen dan Mahasiswa dalam rangka peningkatan kualitas luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM), publikasi berreputasi nasional SINTA & SCOPUS untuk mendukung visi Unpam tahun 2025.

Dalam sambutannya Dr. (HC) Drs H Darsono  Ketua Yayasan Sasmita Jaya, dan Rektor Universitas Pamulang Bapak Dr. E Nurzaman  AM, M.M., M.Si. sekaligus membuka menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar besarnya kepada Yayasan Sasmita Jaya Grup dan segenap civitas Unpam yang banyak mendukung atas meningkatnya kinerja peringkat hasil penelitian dan PkM. Hasil publikasi dan kinerja Unpam dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hal ini berkat kinerja dan kerjasama dosen dan mahasiswa dalam melakukan Tri Darma Peruguan Tinggi, Majunya Unpam salah satunya adalah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui publikasi ke jurnal-jurnal nasional dan internasional bereputasi.

Kegiatan seminar di hari pertama tanggal 30 November 2022, jalanannya acara ini dipandu oleh MC Shinta Ningtiyas Nazar, S.E., M.Acc., Akt., CA  dan moderator Ibnu Sina, MSC, kali ini mengundang narasumber yang kompeten pada bidangannya Narasumber pertama    Prof. Dr. Puji Handayati, SE., MM., Ak, CA, CMA, CIBA,  sebagai Wakil Rektor II dan sebagai Accounting Program of Economy Faculty Universitas Negeri Malang.

Seminar kali ini berbeda dari beberapa yang  diselengarakan masing-masing peserta langsung pembelajaran untuk strategis dalam penulisan dan publikasi  strategis Memilih topik ; Judul yang baik; Pembuatan Latar Belakang  dan State of the Art, hingga memberikan dalam paparannya bagi pembaca dapat  merasakannya enak/enak rasanya (Good taste) ; Bikin pembaca terpukau (Fascinate the reader)  Senada (dengan) esai (Same tone as the essay) sama dengan  (Esai berisi opini, pandangan atau ekspresi pribadi penulis tentang sesuatu hal yang sedang terjadi atau berlangsung di tengah masyarakat dan pembuatan Roodmap sebagi portofolio jejak dari peneliti., untuk narasumber kedua: Syaiful Bakhri, M.Eng.SC, Ph.D.  Engineering and Science Faculty, Pamulang University Dekan Fakultas Teknik/MIPA dan sebagai pratisi BRIN Batan pembahasan dalampemilihaan skema teknology masih banyak peluang untuk dapat Hiba, dapat dilakukan secara mandiri atau kolaborasi dengan Badan Riset Nasional (BRIN)  dan di akiri dengan tanya jawab.

Pelaksanaan hari kedua Kamis, 1 Desember 2022 seminar nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Call for Papers  dipandu oleh MC  Adhitya Putri Pratiwi, SST.Pa., M. M Dengan dipandu moderator : Silviana Simbolon, MSc. dengan  Narasumber pertama Prof. Dr. M Zaim, M.Hum.  Guru Besar bidang Linguistik dan Pengajaran Bahasa pada Jurusan Bahasa  dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang.

Disampaikan pada Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 2022 dengan tema:”Peranan pengabdian Kepada Masyarakat untuk meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa”. Pengabdian masyarakat merupakan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan dari dharma pendidikan dan pengajaran dan dharma penelitian, dilakukan dosen perguruan tinggi terkait dengan keilmuan yang didalaminya dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran serta penelitian. Guna Membantu memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat untuk meningkatkan kinerja renking Institusi Universitas Pamulang melalui luaran HKI, Merek Industri atau Paten hasil dari PkM dan Publikasi.

Narasumber kedua disampaikan : Dr. H. Ir, Sarwani, MT, MM selaku Direktur Pascasarjana Universitas Pamulang,  Kegiatan seminar dan CFP merupakan wadah bagi para insandosen dan mahasiswa sebagai  akademis  Indonesia untuk memperkaya khazanah dengan berbagai gagasan dan pengembangan untuk memajukan bangsa Indonesia yang maju dan sejahtera keberlanjutan.

Berakhirnya acara penutup MC menyampaikan seminar dan Call for Papers hasil penelitian dan PkM yang  sustainable  berlangsung selama dua hari Rabu dan kamis tanggal 30 November dan 1 Desember 2022.  Bahwa keberhasilan  “ Kerja LPPM bukan sendiri, tapi kerja sama dosen, Unpam cukup bagus atas lompatan kenaikan penulisan artikel nasional maupun internasional dari tahun sebelumnya.(Sugiyanto_LPPM Unpam)