SEPUTAR LPPM

KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA DIREKTORAT JENDERAL KEKAYAAN INTELEKTUAL LPPM UNIVERSITAS PAMULANG

[Malang 8-11 November 2022] Lembaga Penelelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) merupakan bagian yang terintegrasi dengan pendidikan dan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga ketiganya haruslah saling melengkapi dan menguatkan. LPPM Pamulang melaui Centra HAKI  kali ini mengikuti kegiatan yang diselengarakan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Direktorat Jenderal Kekayaan Intektual dalam evaluasi kinerja pemeriksaan merek  workshop Dalam rangka meningkatkan kualitas pemeriksaan permohonan Merek dan Indikasi Geografis di lingkungan Direktorat Merek dan Indikasi Geografis, DirektoratJenderal Kekayaan Intelektual, dengan tema “Evaluasi Kinerja Pemeriksa Merek Tahun 2022”.

Kegiatan ini merupakan wadah bagi para insan akademis, pratisi dan DHKI Indonesia untuk memperkaya khazanah dengan berbagai gagasan dan pengembangan untuk memajukan bangsa Indonesia yang maju dan sejahtera keberlanjutan. Kegiatan pelaksanaan dilakukan di The Singhasari Resort  Kota Batu Malang selama 4 hari pada tanggal 8 sampai dengan 11 November 2022 dengan diikuti oleh internal dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, sedangkan dari ekternal Akademisi Universitas Pamulang mendelegasikan dari LPPM dan Pratisi konsultan merek.  Dalam kegiatan kali ini LPPM Unpam melalui Central HAKI  diwakili oleh Dr. Sugiyanto, SE, MM, CMA, CFRM dan Ibnu Sina, MSc  dengan tema :Evaluasi Kinerja Pemeriksa Merek Tahun 2022 dengan empat narasumber.

Gambar 2: Pembukaan dan Sambutan Direktur Jendral Kekayaan Intelektual

Adapun acara pokok Pelaporan kegiatan evaluasi kinerja Merek tahun 2022, pada hari pertama pembukan oleh: Ir. Razilu, M.Si. Plt. Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual  sambutan sekaligus pembukaan dengan tema:  Evaluasi Kinerja Pemeriksa Merek Tahun 2022  dan dilanjutakan   laporan kegiatan oleh Kuniaman Telaumbanua , SH, MHum  selaku Direktur Merek dan Indikasi Geografis. Kegiatan di hari kedua Rabu 9 November 2022 diantaranya pemaparan tentang Problematika Hasil Pemeriksaan Subtansi bidang Merek disampaikan oleh narasumber pertama:  Fajar B.S. Lase, S.T., M.A., M.H, dan narasumber kedua disampaiakan oleh  Dr. Henny Marlina, S.H., M.H., MLI dengan tema: Pemaparantentang “Isu-isu Kontemporerdi  bidang Merek” dihari yang sama dilanjutkan oleh narasumber ke tiga : Risti Wulandari, SH, M.Hum dari Konsultan dengan tema  Permasalahan seputar proses pendaftaran Merek dalam Perspektif pengunaan Kuasa.

Gambar 3 : Pemaparan Narasumber Kegiatan Kinerja Pemeriksaan Merek

Kegiatan hari ketiga pada hari Kamis, 10 November 2022 dengan narasumber ke empat dengan oleh:  T. Didik Taryadi, S.H., Mhum  dengan tema Pemaparan tentang “Permasalahan seputaran pemeriksaan substansi Merek” dan dilanjutkan dengan diskusi tentang Pokja pemeriksaan merek  Pokja kesatu, kedua dan ketiga.

Gambar 4 : Kegiatan Evaluasi Kinerja Pemeriksaan Merek

Dengan keikutsertakan Universitas Pamulang di wakili oleh LPPM Central HAKI dapat menambah pemahaman dan penerapan dalam pengajuan Merek, Paten Industri dan Hak kekayaan Intelektual hasil dari Kampus hadir sebagai bentuk apresiasi atas berbagai sumbangsih yang dilakukan oleh insan akademik Indonesia khususnya UNPAM bagi kemajuan bangsa dan negara. Kegiatan dalam pelaporan kinerja kekayaan intelektual Merek sebagai nilai dasar ideologis bangsa yang terimplikasi dalam terobosan pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat masyarakat Indonesia melalui mengikuti kegiatan kegiatan evaluasi kinerja pemeriksaan Merek tahun 2022 di laksanakan selasa – Jumat 08- 11 November 2022 di The Singhasari Reseort Malang Jawa Timur (Sugiyanto_Ibnu Sina_LPPM_Unpam)