SEMINAR, WORKSHOP DAN PELATIHAN

LPPM UNIVERSITAS PAMULANG MENGADAKAN ToT REVIEWER INTERNAL PERIODE 2022/2023

Dilakukan secara daring LPPM Universitas Pamulang mengadakan ToT Reviewer Internal UNPAM Periode 2022/2023. Acara kali ini sebagai narasumber Dr. Tukiyat, M.Si. Dr. Ir. Umi Rusilowati, MM dan Ibnu Sina, SP. M.Sc.

Acara ini bertindak selaku MC dan Moderator yaitu Arif Siaha Widodo, SE, MM. Dalam laporannya Dr. Susanto, SH, MM, MH menyampaikan bahwa acara ini diikuti oleh 145 reviewer yang diantaranya 51 orang adalah reviwer baru. Reviwer tersebut terdiri dari berbagai bidang yaitu Ilmu Manajemen, Ilmu Hukum, Sastra, Teknik (Mesin, Kimia, Industri dan Mesin), Pendidikan, Akuntansi, Ilmu Komputer dan Agama/Pendidikan Agama. Ketua LPPM menghibau agar para reviewer faham mengenai aplikasi SINTIAS karena review proposal, kemajuan atau laporan akhir menggunakan SINTIAS.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara ini Rektor Universitas Pamulang Dr. E Nurzaman, AM, MM, MSi. Menyampaikan bahwa kegiatan reviewer merupakan kegiatan Upskilling dan reskilling. Upskilling adalah proses meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang telah dimiliki reviewer. Sedangkan reskilling merupakan proses mempelajari keterampilan baru guna mendukung pelaksanaan pekerjaan yang berbeda dari pekerjaan awal atau sebelumnya.

Upskilling bagi reviewer lama sedangkan reskilling bagi reviewer yang baru dintunjuk. Selain itu narasumber akan memberikan sharing informasi yang bermanfaat bagi individu penulis dan reviewer itu sendiri.

Dr. Tukiyat selaku nara sumber yang menyanpaikan Tema yaitu Strategi Kelayakan Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Salah satu yang disinggung adalah mengenai tugas reviewer.

Narasumber berikutnya adalah Dr. Umi Rusilowati yang menyampaikan materi mengenai Etika Reviewer.

Dr. Umi Rusilowati lebih fokus menyampaikan etika reviewer pada pokoknya :

  1. Objektivitas dan netralitas;reviewer harus jujur, objektif, tidak bias, independen, dan hanya berpihak pada kebenaran ilmiah. Proses penelaahan naskah dilakukan secara profesional tanpa membedakan jenis kelamin, sisi bisnis, suku, agama, ras, antar-golongan, dan kewarganegaraan penulis.
  2. Kejelasan sumber referensi; reviewer harus memastikan bahwa sumber referensi/kutipan naskah telah sesuai dan kredibel (dapat dipertanggungjawabkan). Jika ditemukan kesalahan atau penyimpangan dalam penulisan sumber referensi/kutipan, reviewer harus segera menginformasikan ke redaksi untuk dilakukan perbaikan oleh penulis sesuai catatan dari reviewer.
  3. Efektivitas peer-review; reviewer harus merespon naskah yang telah dikirim oleh redaksi dan bekerja sesuai dengan waktu penelaahan naskah (peer-review) yang telah ditetapkan (maksimal 2 minggu). Apabila membutuhkan waktu tambahan dalam review naskah harus segera melaporkan (konfirmasi) ke sekretariat redaksi.
  4. Pengungkapan konflik kepentingan; reviewer harus memahami etika publikasi ilmiah di atas untuk menghindari adanya konflik kepentingan dengan pihak lain, sehingga proses penerbitan naskah berjalan lancar dan aman.

Pemateri selanjutnya disampaikan oleh Ibnu Sina, SP, MSc. Yang menyampaikan perihal penggunaan SINTIAS bagi reviewer. System Informasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SINTIAS) adalah proses pelaksanaan kegiatan penelitian maupun kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen Universitas Pamulang dengan biaya Internal.

Harapan kedepan dengan adanya agenda ini akan meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian UNPAM.