SEPUTAR LPPM

SENTRA HKI UNIVERSITAS PAMULANG MENGIKUTI KONSULTASI TEKNIS PERMOHONAN PATEN ONLINE

Bertempat di Sehraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel Jakarta diselenggarakan kegiatan Konsultasi Teknis Permohonan Paten Online tanggal 22 s/d 23 September 2022. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Paten, DTLST dan Rahasia Dagang dari Direktorat Kekayaan Intelektual pada Kementerian Hukum dan HAM R.I.

Acara ini dihadiri dari berbagai unsur diantaranya Litbang, Pemerintah, Sentra KI dan Universitas. Adapun materi yang disampaikan adalah :

  1. Tantangan dan Hambatan Dalam Penggunaan Aplikasi SAKI di Tahap Pemeriksaan Administratif disampaikan oleh Irwan Budhi Iswanto (BRIN)
  2. Tantangan dan Hambatan Dalam Penggunaan Aplikasi SAKI di Tahap Publikasi disampaikan oleh Irwan Budhi Iswanto (BRIN)
  3. Tantangan dan Hambatan Dalam Penggunaan Aplikasi SAKI di Tahap Sertifikasi dan Tahap Pemeliharaan Paten oleh Windyo Nugroho (Sentra KI Universitas Gunadarma)
  4. Tantanga dan Hambatan Dalam Penggunaan Aplikasi SAKI di Tahap Sertifikasi dan Tahap Pemeliharaan Paten oleh Windyo Nugroho (Sentra KI Universitas Gunadarma)

Acara tersebut juga dilakukan diskusi Panel tekait Solusi Permasalahan Permohonan Paten di Aplikasi SAKI dan Rencana Pengembangan Aplikasi SAKI. Windyo Nugroho (Sentra KI Universitas Gunadarma)

Aplikasi SAKI merupakan Sistem Administrasi Kekayaan Intelektual Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Aplikasi ini  merupakan bentuk digitalisasi pendaftaran Paten yang semua dilakukan secara online.

Hadir pewakilan dari Universitas Pamulang yaitu Dr. Susanto, SH, MM, MH selaku Kepala Sentra HKI Universitas Pamulang menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat seiring dengan kamajuan teknologi maka hampir semua kegiatan dilakukan secara online menggunakan aplikasi tertentu. Hal ini bsa menghemat biaya jika dibandingkan dengan pendaftaran secara manual.

Kegiatan ini sebagai tindaklanjt Surat dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Nomor : HKI.3-UM.01.01-416, Perihal : Permohonan sebagai peserta dalam kegiatan Konsultasi Teknis Permohonan Paten Online.