SEMINAR, WORKSHOP DAN PELATIHAN

LPPM UNIVERSITAS PAMULANG SELENGGARAKAN WORKSHOP PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH TERINDEKS SINTA 1 DAN 2

Dilaksanakan secara daring pada tanggal 12 September 2022 LPPM Universitas Pamulang melaksanakan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Terindeks Sinta 1 dan Sinta 2. Acara tersebut dibukan oleh Dr. E. Nurzamam AM, MM, MSi selaku Rektor Universitas Pamulang. Dalam sambutannya menyatakan bahwa acara yang diselenggarakan oleh LPPM Universitas Pamulang sangat penting dan bermanfaat bagi dosen dilingkungan Universitas Pamulang dan Universitas Sutomo. Karya Tulis terindeks Sinta 1 dan Sinta 2 akan menaikkan kinerja dosen dalam bidang penelitian karena bentuk luaran berupa jurnal terindeks 1 dan 2 akan menambah KUM penilaian dosen dan lembaga.

Ketua LPPM Universitas Pamulang, Dr. Susanto, M.M., M.H melaporkan bahwa acara tersebut diikuti oleh dosen Universitas Pamulang dan Universitas Sutomo dengan total 343 dosen. Diantara dosen yang mengikuti workshop ini belum memiliki jurnal yang terbit di Sinta 1 dan Sinta 2. Diharapkan acara ini nantinya luaran dosen Universitas Pamulang dan Universitas Sutomo lebih banyak lagi yang terindeks Sinta 1 dan Sinta 2.

Adapun narasumber acara ini adalah Prof. Dr. H. Heri Pratikto, M.Si. Selaku Kepala Pusat Penelitian dan PKM Bidang Jaminan Produk Halal LPPM Universitas Negeri Malang (UM). Beliau menyampaikan materi yang diberi judul Sharing Session “Enhancing Acceptance Rate for your Paper” beberapa materi yang disampaikan beliau diantaranya TAHAPAN PROSES PENULISAN ARTIKEL ILMIAH yang terdiri dari Membaca petunjuk penulisan, Pencarian salah satu contoh artikel, Penulisan artikel mengikuti petunjuk dan Mengirimkan naskah. Beliau menekankan bahwa seorang peneliti harus memiliki kejujuran dan integritas dalam penulisan karya ilmiah.

Narasumber berikutnya yaitu Julwan Hendry Purba, ST, M.App.IT., Ph.D. Yang merupakan Peneliti Utama Badan Riset dan inovasi Nasional (BRIN) menyampaikan materi yang diberi judul Publikasi Artikel Ilmiah Bidang Keteknikan pada Jurnal Berkualitas diantaranya menyampaikan bahwa saat ingin mempublikasi, kita harus mengetahui apa motivasi kita dalam mempublikasi kan hasil riset kita, seperti struktur artikel ilmiah yang baik dan benar, seperti apa proses publikasi dari sudut pandang penulis, editor dan reviewer. Beliau bahkan menjelaskan secara rinci sekaligus memberikan trik dan tips dalam proses menghindari plagiarism.

Narasumber terakhir Silviana Simbolon, M.Sc. Yang merupakan Kepala Bidang Publikasi LPPM Universitas Pamulang menyampaikan materi mengenai penggunaan manejer referensi khususnya mengenai penggunaan Mendeley. Penggunaan manejer referensi sangat membantu para dosen dalam menulis artikel ilmiah. Pembaharuan aturan dalam penggunaan Mendeley dalam hal ini menjadi hal baru bagi para dosen. Sehingga pelatihan ini diharapkan mampu mempermudah para dosen dalam penggunaannya. Selama acara ini berlangsung, terlihat antusias dari para peserta. Hal ini ditandai dengan interaksi antara pemateri dan peserta selama sesi diskusi yang dipandu langsung oleh Ibnu Sina, S.P. M.Sc. selaku moderator. (SU,SS)