SEPUTAR LPPM

Inovasi Mesin Pelontar Bola Otomatis Universitas Pamulang Meraih Juara 1 Lomba Karya Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Banten Tahun 2022

Teknologi tepat guna adalah teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, tidak merusak lingkungan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara mudah, serta menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan aspek lingkungan hidup. Dan untuk sekian kalinya, Pemerintah Provinsi Banten yang dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Banten sukses menggelar Lomba Karya Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Banten pada tahun 2022 ini.

Tujuan utama dari kegiatan kompetisi ini adalah untuk menjaring serta memberikan ruang kreasi untuk masyarakat agar mampu berinovasi dalam membangun daerahnya sendiri, sehingga diharapkan memunculkan inovator-inovator baru yang memberikan kontribusi terhadap pembangunan sektor-sektor yang ada di Provinsi Banten, sebagaimana tertuang dalam Impres Nomor 3 tahun 2001.

Pada Selasa (30/8) merupakan acara lomba karya inovasi teknologi tepat guna tingkat Provinsi Banten Tahun 2022 dengan proses penilaian yang telah dilakukan oleh para dewan juri dari Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, BRIN dan Dosen Fakultas Teknik Sultan Ageng Tirtayasa, dimana dalam penilaian tersebut semua usulan inovasi yang dikompetisikan adalah peserta dari kabupaten/kota yang ada di Provinsi Banten yang berjumlah 18 peserta.

Pada pelaksanaan lomba karya inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tahun ini ada dua kategori, yakni Umum/Masyarakat dan Pelajar. Untuk kategori umum, Juara 1 diraih Hary Hidayat  dari Universitas Pamulang (UNPAM) mewakili kota Tangerang Selatan dengan inovasi  Mesin Pelontar Bola Otomatis, Juara 2 Romli Fadli dengan Sistem RT/RW digital dari Institut Teknologi Tangerang Selatan (ITTS) yang juga mewakili  Kota Tangerang Selatan.  dan Juara 3 Agung Hidayat, ST dengan Sumber tenaga listrik 220 volt dari alam terbuka dari Kota Tangerang. Sedangkan untuk kategori Pelajar, Juara 1 diraih Bambang dari SMK Bismillah Kota Serang dengan Alat diteksi ngantuk dan nguap, Juara 2 diraih Nurul Ambiah dari SMKN 2 Pandeglang dengan Touchless music instrumen dan Juara 3 diraih Nazwa Nadia dari MAN 2 Cilegon dengan Auto trash bin. Acara yang berlangsung di Kantor Dinas PMD Provinsi Banten dibuka oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Dr. Dra. Enong Suhaeti, M.Si yang dalam sambutannya memberikan pencerahan terhadap manfaat dan pentingnya berinovasi serta bagaimana bisa mempertahankan juara lomba inovasi di tingkat nasional.

Pada tanggal 14 september 2022 bertempat di alun – alun kota Serang, pada acara  Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Banten yang di buka oleh PJ Gubernur banten Dr.Almuktabar, di umumkan pemenang Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dari berbagai kategori. Dalam sambutanya PJ Gubernur menyampaikan bahwa dengan adanya krisis energi dan krisis pangan yang melanda dunia, maka Indonesia bisa menggunakan teknologi tepat guna (TTG) sebagai salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut, hal inilah yang menjadi alasan untuk menggali teknologi tepat guna melalui acara lomba Inovasi teknologi tepat guna dan Gelar teknologi tepat guna yang merupakan rangkain kegiatan yang tidak terpisahkan.