SEMINAR, WORKSHOP DAN PELATIHAN

LPPM UNIVERSITAS PAMULANG MELAKUKAN SOSIALISASI PEMUTAKHIRAN DATA SINTA VERSI 3 KEPADA PARA DOSEN

Melalui aplikasi zoom meeting Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang (LPPM Unpam) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pemutakhiran Data Sinta Versi 3.

Pelaksanaan kegiatan ini guna memenuhi  surat dari plt. Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Nomor : 0324/E5.3/KI.03.00/2022, Hal : Pemutakhiran Data Profil Author SINTA tanggal 20 Mei 2022.

Science and Technology Index (SINTA) merupakan portal yang mendata, memetakan dan mengukur kinerja riset yang dilaksanakan oleh dosen dan peneliti berdasarkan ragam luaran penelitian dan pengembangan.

Kegiatan yang dipandu oleh moderator Arif Siaha Widodo, S.E., M.M. ini berjalan lancar dan para dosen antusias mengikutinya.

Kegiatan ini diikuti sekitar 300 dosen Universita Pamulang. Dr. Ali Maddinsyah, S.E., M.M. selaku Ketua LPPM Universitas Pamulang sekaligus narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan untuk klasterisasi pemeringkatan Perguruan Tinggi berbasis kinerja penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat akan diambil datanya dari data Sinta. Sebelumnya untuk laporan kinerja Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat diinput melalui sistem Simlitabmas dengan cara kami menginput satu persatu. Dengan simlibtamas kami lebih mudah untuk mengontrol datanya, namun dengan Sinta pelaporannya lebih mudah namun tidak bisa terkontrol oleh kami. Pentingnya pemutakhiran data Sinta ini selain klasterisasi untuk pemeringkatan Perguruan Tinggi, pemeringkatan prodi dan kemudian pemeringkatan untuk dosen. Data Sinta ini terkoneksi dengan sister. Ketika nanti bapak ibu akan mengajukan Jabatan Akademik Dosen (JAD) akan terkoneksi dengan data Sinta. Selain itu Sinta juga sebagai pangkalan database para dosen, jadi ketika bapak ibu kehilangan data bisa dicari di akun Sinta masing-masing Dosen.

Dr. Subarto, M.Pd. selaku Wakil Rektor 2 Universitas Pamulang, dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan sosialisasi ini menyambut positif kegiatan Sosialisasi Pemutakhiran Data Sinta Versi 3, beliau menyampaikan agar dosen-dosen Universitas Pamulang menjadikan SINTA sebagai “destinasi” yang harus dikunjungi dan diupdate menu-menu yang ada didalamnya. Di era digital ini dosen-dosen harus terbiasa dengan kemajuan teknologi terkait dengan dosen diantaranya adalah SINTA. Kinerja Perguruan Tinggi dibidang riset dan pengabdian dinilai melalui Sinta versi 3 ini oleh karenanya dosen-dosen Unpam harus meng-update akun Sinta miliknya.