LPPM Unpam Melakukan Kunjungan dan Studi Banding ke LPPM UNY

Dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang (Unpam) pada hari Rabu tanggal 6 Juli 2022 melakukan studi banding ke LPPM Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Dalam kunjungan ini LPPM Unpam dipimpin langsung oleh bapak Dr. Ali Maddinsyah, S.E., M.M. selaku ketua LPPM Unpam, didampingi oleh Untung Nugroho Harwanto, S.T., M.Sc. selaku sekretaris LPPM Unpam, Dr. Sugiyanto, S.E., M.M. selaku kepala bagian pengabdian kepada masyarakat dan Ibnu Sina, S.P., M.Sc. selaku kepala bagian penelitian. Kunjungan LPPM Unpam disambut secara langsung oleh Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T. selaku ketua LPPM UNY serta didampingi oleh Prof. Dr. Siti Irene Astuti, M.Si. selaku sekretaris LPPM UNY dan Prof. Dr. Heri Retnawati, S.Pd., M.Pd. selaku coordinator pengelolaan jurnal.

Tujuan dari kunjungan ini adalah belajar kembali bagaimana membangun tata kelola lembaga dalam merencanakan, memonitor dan mengevaluasi program-program terkait penelitian, pengabdian kepada masyarakat, publikasi dan pengembangannya. Posisi penelitian UNY masuk ke dalam klaster mandiri sehingga LPPM Unpam patut untuk belajar bagaimana membangun tata kelola penelitian yang berkesinambungan. Pengalaman UNY dalam mengelola hibah baik internal maupun external juga menjadi salah satu bahan diskusi.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Samsul Hadi, M.Pd., M.T. menyampaikan tentang struktur organisasi, tugas-tugas kelembangaan dan capaian lembaga. Beliau juga menyampaikan pengalaman dalam pengelolaan dana hibah baik internal maupun exernal, mulai dari hibah SIMLITABMAS hingga matching fund. Beliau juga membagikan pengalaman UNY dalam melakukan pendampingan publikasi kepada dosen-dosen yang ingin melakukan peningkatan jabatan fungsional.

 

 

Sekretaris LPPM UNY, Prof. Dr. Siti Irene Astuti, M.Si. juga membagikan pengalamannya dalam berkarya baik hibah penelitian maupun proses penulisan hasil penelitian menjadi sebuah luaran buku. Prof. Dr. Siti Irene Astuti, M.Si. juga membagikan pengalaman lolos hibah matching fund. Banyak hal-hal menarik didiskusikan, baik dari sisi substansial maupun teknis yang harus disiapkan agar bisa lolos hibah matching fund. Pesan beliau, kunci dari lolos hibah matching fund adalah komunikasi yang intensif dengan mitra dan memahami masalah mitra.

Prof. Dr. Heri Retnawati, S.Pd., M.Pd. yang aktif dalam pengelolaan jurnal juga membagikan pengalamannya dalam publikasi ilmiah baik di jurnal nasional maupun jurnal internasional. Professor di bidang penelitian dan evaluasi pendidikan ini juga membagikan pengalaman dalam proses berkarir menjadi guru besar mulai dari tertib administrasi hingga strategi publikasi. Professor yang menamatkan pendidikan S1 di pendidikan matematika ini juga membagikan pengalaman terkait problem solving dalam pengelolaan jurnal.

Share your love