KUNJUNGAN LPPM UNPAM KE LPPM UNIVERSITAS SANATA DHARMA

LPPM Unpam melakukan kunjungan ke LPPM Universitas Sanata Dharma sebagai salah satu rangkaian kunjungan LPPM Unpam ke beberapa universitas di Yogyakarta. Kunjungan yang dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2022 ini merupakan rangkaian program kerja LPPM Unpam. Tujunan dari kunjungan LPPM ini adalah sebagai salah satu upaya lembaga dalam meningkatkan kinerja lembaga dan pelayanan. Dalam kunjungan ini LPPM Unpam dipimpin langsung oleh Dr. Ali Maddinsyah, S.E., M.M. selaku ketua LPPM Unpam, didampingi oleh Untung Nugroho Harwanto, S.T., M.Sc. selaku sekretaris LPPM Unpam, Dr. Sugiyanto, S.E., M.M. selaku kepala bagian pengabdian kepada masyarakat dan Ibnu Sina, S.P., M.Sc. selaku kepala bagian penelitian.

LPPM Universitas Sanata Dharma menyambut hangat kunjungan dari tim LPPM Unpam. Kunjungan LPPM Unpam diterima secara langsung oleh Dr. rer.nat. Herry Pribawanto Suryawan selaku ketua LPPM Universitas Sanata Dharma, didampingi oleh Barli Bram, Ph.D. selaku wakil ketua LPPM, Eko Hadi Parmadi, S.Si., M.Kom. selaku koordinator Kuliah Kerja Nyata (KKN), Maria Dwi Budi Jumpwati, S.Si. selaku KTU LPPM dan didampingi beberapa staf LPPM Universitas Sanata Dharma. Perkenalan dan diskusi antara kedua belah pihak berlangsung selama kurang lebih dua jam.

Pertemuan diawali dengan perkenalan kedua belah pihak dan kemudian diteruskan dengan diskusi bagaimana membangun tata kelola lembaga dalam merencanakan, memonitor dan mengevaluasi program-program terkait penelitian, pengabdian kepada masyarakat, publikasi dan pengembangannya. Posisi penelitian Universitas Sanata Dharma masuk ke dalam klaster utama lebih dahulu daripada Unpam yaitu pada tahun 2016 sehingga LPPM Unpam patut untuk belajar bagaimana membangun tata kelola penelitian yang berkesinambungan. Dalam kunjungan ini kedua belah pihak juga bertukar pikiran terkait kearifan lokal masing-masing kampus.

Dalam sambutannya Dr.rer.nat. Herry Pribawanto Suryawan menyampaikan tentang struktur organisasi, tugas-tugas kelembangaan dan capaian lembaga. Doktor lulusan Jerman ini juga membagikan pengalaman saat awal penelitian Universitas Sanata Dharma masuk ke dalam klaster utama. Masuknya penelitian Universitas Sanata Dharma ke dalam klaster utama berdampak pada jumlah perolehan hibah penelitian yang menurun, pangkasnya.

Koordinator pengelolaan jurnal Universitas Sanata Dharma, Barli Bram, PhD. juga membagikan pengalamannya dalam mengelola jurnal universitas. Doktor yang menyelesaikan Pendidikan doktoralnya di Victoria University of Wellington ini juga membagikan pengalamannya agar jurnal-jurnal bisa terakrediasi sinta 1 dan sinta 2. Doktor di bidang English Education ini juga membuka data dan kondisi jurnal internal Universitas Sanata Dharma.

 

 

Koordinator KKN Universitas Santa Dharma, Eko Hadi Parmadi, S.Si., M.Kom., menjelaskan terkait strategi universitas dalam mengintegrasikan KKN dan pengabdian kepada masyarakat. Kebijakan KKN masuk dalam kurikulum Universitas Sanata Dharma sehingga setiap mahasiswa wajib mengambil KKN pada semester tertentu. Target area KKN berlokasi di daerah-daerah yang masuk ke dalam daerah ambang batas kemiskinan. Penentuan lokasi KKN juga berkoordinasi terlebi dahulu dengan Bapennas.