PKM LIFE SKILL PELATIHAN DESAIN MESIN PENCACAH PLASTIK DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOCAD SEBAGAI PENGURAI LIMBAH PLASTIK DI LINGKUNGAN

Masih dalam Nuansa Ramadhan atau bulan syawal para Dosen Universitas Pamulang bersemangat untuk melaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM) sebagai bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu lokasi yang dipilih untuk pelaksanaan PKM oleh salah satu tim PKM Teknik Mesin Universitas Pamulang tersebut adalah pemukiman warga Ciledug 1 RT 05 RW 05 Bambu Apus, Pamulang, Tangerang Selatan.

Dalam pelaksanaan PKM semester Gasal 2021-2022 kali ini, tema yang diusung yaitu PKM Life Skill Pelatihan Desain Mesin Pencacah Plastik Dengan Menggunakan Software AutoCad Sebagai Pengurai Limbah Plastik di Lingkungan. Dalam kehidupan manusia sampah merupakan permasalahan utama yang tidak ada habisnya terutama sampah plastik, seperti kita ketahui bahwa sampah plastik sangat sulit untuk terurai yang membutuhkan waktu puluhan tahun, kemudian munculah solusi bagaiamana memanfaatkan sampah plastik yang tidak dapat terurai tersebut sehingga menjadi sesuatu yang menambah pundi-pundi pemasukan yang dihasilkan oleh warga Ciledug 1. Oleh karena itu tujuan PKM ini adalah memberikan pengetahuan bagaimana membuat desain mesin pencacah Plastik untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang bagaimana membuat desain alat dengan menggunakan software AutoCad.

PKM dengan tema PKM Life Skill Pelatihan Desain Mesin Pencacah Plastik Dengan Menggunakan Software AutoCad Sebagai Pengurai Limbah Plastik di Lingkungan ini dilaksanakan oleh 3 dosen Teknik Mesin Universitas Pamulang, yaitu Slamet Rahardian,S.T., M.T. , Muhamad Cahyadi, S.T., M.T. , Irwan Aranda, S.T., M.T. dan 2 mahasiswa yaitu Hadiid Ulwan Fahmi dan Rio Ade Firmansah . Dalam pelatihan ini masyarakat diberikan teori pengetahuan bagaimana mendesain Mesin Pencacah dan praktek oleh Irwan Aranda, ST., M.T. selaku Pembicara pada PKM ini, seperti memberikan peragaan bagaimana menggunakan software AutoCad untuk membuat Mesin Pencacah Plastik, yang diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan bagi masyarakat sehingga dapat menciptakan alat pencacah plastik sesuai kebutuhan dan khususnnya mitra kegiatan pengabdian masyarakat.

Pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari dari hari Jumat 27 Mei 2022  hingga Minggu 29 Mei 2022  diikuti sekitar kurang lebih 20 orang warga. Animo warga peserta pelatihan cukup baik ditandai dengan antusiasme warga yang mengikuti pelatihan dari awal pelaksanaan hingga akhir. Suasana pelatihan cukup santai namun serius, bahkan tidak sedikit pesertanya adalah ibu-ibu yang memang sering menemukan sampah plastik yang dihasilkan oleh warga Ciledug 1.

Bapak Nasrudin selaku Ketua RT 05 RW 05 Ciledug 1 menyambut baik kegiatan PKM dari Universitas Pamulang. beliau menyampaikan rasa terimakasih dan bangga atas kehadiran Universitas Pamulang di masyarakat dalam memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan dan pelatihan kepada masyarakat. Beliau mengharapkan agar lebih banyak lagi diadakan pelatihan kepada warganya agar semakin banyak ilmu pengetahuan yang diperoleh dan menjadikan masyarakat menjadi mengerti tentang peluang memanfaatkan sampah plastik.

Kontributor : Slamet Rahardian

Share your love