Rana (Rumah Jurnal) LPPM Unpam Kembali Menyelenggarakan Pendampingan untuk Reakreditasi Jurnal Fakultas Hukum

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pamulang (Unpam) kembali mengadakan Pendampingan Reakreditasi Jurnal Ilmiah Sesi ke 3 bagi para pengelola jurnal Fakultas Hukum Universitas pamulang pada hari rabu, 27 April 2022. Acara ini diadakan secara luring selama 1 hari, bertempat di gedung LPPM Unpam kampus Witanaharja.  Tujuan diadakan workshop ini  adalah untuk melakukan penyegaran wawasan para pengelola jurnal terkait pengelolaan jurnal, assessment atau evaluasi diri dan pemetaan weekness  dari masing-masing Jurnal sehingga bisa dilakukan tindak lanjut perbaikan sebelum submit reakreditasi jurnal pada portal Arjuna.

Acara dibuka oleh ketua LPPM Unpam Dr. Ali Maddinsyah, S.E., M.M., beliau menyampaikan bahwa ada 5 jurnal pada Fakultas Hukum. Dimana ada 3 Jurnal yang sudah terakreditasi. Diantaranya ada 2 Jurnal ilmiah akan melakukan reakreditasi yaitu Pamulang Law Review dan Rechtsregel : Jurnal Ilmu Hukum. Pengelola jurnal diharapkan memperhatikan aspek-aspek penilaian dan diusahakan mengikuti ketentuan dari Pedoman Akreditasi Jurnal ilmiah terbaru tahun 2021. Dalam kesempatan ini beliau juga menyampaikan dengan bertambahnya jurnal terakreditasi SINTA serta melakukan kolaborasi/kerjasama dengan jurnal ilmiah pada institusi lainnya, diharapkan dapat meningkatkan jumlah paper berkualitas sehingga berdampak pada meningkatnya kualitas perguruan tinggi.

 

Acara ini dihadiri oleh beberapa pengelola jurnal Fakultas Hukum Universitas Pamulang. Turut hadir Sekretaris Prodi S1 Hukum yaitu H. M Rezky Pahlawan MP, S.H., M.H. yang mendampingi para pengelola jurnal Fakultas Hukum. Dan juga sebagai Editor in Chief dari Pamulang Law Review. Pembahasan materi langsung mengacu pada Pedoman Akreditasi tahun 2021 dan evaluasi diri yang ada pada portal arjuna dengan melihat dari kondisi jurnal ilmiahnya. Hadir sebagai narasumber Asep Erlan Maulana, S.Kom., M.kom. Selain aktif sebagai kepala Bidang Jurnal LPPM Universitas pamulang, beliau juga aktif sebagai anggota dan Supervisor dari Relawan Jurnal Indonesia dan Fasilitator RJI Academy. Pada pembahasannya beliau memberikan masukan dan saran agar jurnal ilmiah tersebut bisa terakreditasi dan naik peringkatnya dari peringkat terdahulu. (AEM)

Share your love