SMART DALAM MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL

Rangkasbitung, 10 April 2022 mahasiswa 05TPLK002 Universitas Pamulang semster ganjil 2021/2022 telah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM), tema yang di sajikan adalah “Smart Dalam Menggunskan Media Sosial” yang dilaksanakan di pondok pesantren Raudhatul Ulum dan MTs Mathla’ul Anwar, lebak barat cibadak Banten. Materi yang di sampaikan merupakan hal-hal bagaimana menggunakn media sosial dengan baik saat ini, diakrenakan banyaknya penyebaran berita hoax, bullying, rasisi dan lain sebagainya dalam mengunakan media sosial.

Kegiatan PKM ini turut dihadiri oleh ustad Oman Kamarudin S.E, M.pd. selaku ketua pimpinan pondok pesantren Raudhatul Ulum, dan dihadiri oleh santri dan santriwati. Dengan sambutan yang di berikan bapak ustad Oman kamarudin S.e, M.pd berpesan agar kegiatan ini dapat memberikan semangat serta motivasi bagi santri-santriwati dan juga mahasiswa dalam menggunakan media sosial dengan baik dan bertangung jawab. Selaku dosen pembimbing PKM yaitu ibu Rinna Rachmatika, S.Kom., M.Kom. juga memberian arahan khususnya kepada mahasiswa yang melakukan pkm di kondisi pandemi saat ini agar menjalankansesuai protokol kesehatan.

Media sosial telah menjadi teman kehidupan bagi banyak orang, Dalam sehari selalu ada aktifitas yang di luangkan untuk membukak media sosial, entah untuk sekedar refreshing atau memang mencari kebutuhan informasi. Namun kondisi saat ini maraknya prnggunnssn media sosial juga sering memicu munculnya prnyimpangan yang diakibatkan oleh minimnya etika bersosial media dari pihak yang tidak bertsnggung jawah. Hal-hal semacam inilah yang akhirnya mengakibatkan meida sosial menjadi wadah atau platform yang kurang berguna. Karena itulah kami selaku mahasiswa teknik informatika universitas pamulang mengharapkan agar santri-santriwati bijak dan beretika dalam bermedia sosial, maka akan bayak manfaat yang dirasa dalam media sosial tersebut.

Kegiatan kali ini di lakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Kegiatan ini berjalan lancar yang di hadiri kurang lebi 80 santri dan santiwati, tak lupa sebelum memuali penyampain materi, peserta pkm mahasiswa unniversitas pamulang beserta dosen pembimbing memberikan plakat penghargaan kepada ponndok pesantren Radhatul ulum sebagi simbol ucapan terimakasih serta ikatan silaturahmi antara kampus unpam dan ponpes.

Kegiatan pada malam itu berjalan dengan lancar dan sesuaui dengan rencana. Para peserta pun aktif dalam diskusi malam itu meskipun di laksanakan pada saat bulan puasa dan tidak mengurangi semangat mahasiswa ataupun santri santriwati yang turut hadir dalam acar tersebut,dalam penyampain materi peserta juga antusias meberikan pertanyaan kepada mahasiswa mengenai materi maupun diluar materi. Di akhir acara, pesreta dan anggota pkm melakukan sesi tanya jawab dan di akhir dengan buka puasa bersama.

Share your love