PELATIHAN PEMBUATAN BLOG BAGI IBU-IBU PKK SEBAGAI SARANA PUBLIKASI DAN INFORMASI DI KELURAHAN BAKTI JAYA

Saat ini, teknologi informasi berkembang semakin cepat. Hampir sebagian besar dari kegiatan manusia memanfaatkan keeanggihan teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi memuneulkan berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi informasi, seperti e-govemment, e­ commerce, e-education dan lainnya. Blog adalah jenis situs web yang dikembangkan dan dikelola oleh individu dengan mengunakan perangkat lunak (software) online atau Platform host yang sangat mudah bagi pengguna, dengan fasilitas untuk menulis. Blog menampilkan publikasi online instan dan mengajak publik untuk membaea dan memberikan umpan balik sebagai komentar. Blog biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog tersebut. Masyarakat di Kelurahan Bakti Jaya sebagian besar menggunakan Internet akan tetapi tidak dipergunakan secara optimal.

Sebagai contoh perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan (e-education) adalah banyaknya masyarakat sekitar dan ibu-ibu PKK lingkungan kelurahan bakti jaya yang memiliki jaringan internet. Banyak warga yang sudah mengenal dan memanfaatkan teknologi informasi. Animo ibu-ibu PKK atau masyarakat kelurahan bakti jaya itu pun sangat tinggi. Sehingga pemasangan jaringan internet di kelurahan bakti jaya pun disambut antusias oleh seluruh warga sekitar. Karena pemasangan jaringan internet akan semakin memudahkan mereka untuk mendapatkan informasi, wawasan, dan hiburan. Selain itu, masyarakat kelurahan bakti jaya beserta ibu-ibu PKK dapat memanfaatkan teknologi informasi ini untuk mendukung proses belajar mengajar. Sehingga banyak ibu-ibu PKK kelurahan bakti jaya yang berlomba-lomba memasang jaringan internet untuk dapat menikmati kemudahan mendapatkan informasi melalui internet. Hal ini membuktikan bahwa teknologi informasi sekarang sudah menjadi kebutuhan dalam kegiatan sehari-hari.

Oleh karena itu kami, dosen prodi Sarjana Manajemen yaitu Ria Rosalia Simangunsong S.E.,M.M., Budi Syamtoro, S.E., M.M., Yeti Kusmawati, S.E., M.M. melakukan penyuluhan tentang pelatihan pembuatan blog bagi ibu-ibu pkk sebagai sarana publikasi dan informasi di kelurahan bakti jaya pada tanggal 25 Maret 2022 s/d 26 Maret 2022.

Pelaksanaan pengabdian kepada Masyarakat ini diharapkan sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat dibuat oleh ibu-ibu PKK kelurahan bakti jaya agar menarik minat masyarakat dalam belajar adalah web blog. Blog atau webblog merupakan tulisan pribadi seseorang di internet yang berisi informasi bersifat kronologis dan bisa di up date. Blog saat ini sedang populer di kalangan generasi muda khususnya bagi para siswa dan mahasiswa sebagai suatu media untuk mengekspresikan dirinya. Perkembangan blog di Indonesia sangat pesat, hal ini ditunjukkan dengan bertambahnya jumlah blog menjadi dua kali lipat setiap enam bulan.

Metode yang digunakan pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa sosialisasi dan penyuluhan yaitu suatu tindakan, proses, hasil, atau pernyataan yang lebih baik. Dalam hal ini menunjukkan adanya kemajuan, peningkatan pertumbuhan, evolusi atas berbagai kemungkinan, berkembang atau peningkatan atas sesuatu.

Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan perwujudan salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh civitas akademika program Studi Sarjana Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang Tangerang Selatan Banten.