PENGELOLAAN KEUANGAN MENUJU KELUARGA YANG MANDIRI BAGI IBU-IBU KADER KELURAHAN BAKTI JAYA OLEH DOSEN-DOSEN UNIVERSITAS PAMULANG

Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Pamulang pada tanggal 24 Maret 2022 yang dilakukan oleh dosen-dosen program studi Manajemen antara lain Destian Andhani S.E., M.M., Hira Maulida S.E., M.M., dan Agus Sudarsono M.M. telah berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan hangat dari tempat pelaksanaan kegiatan ini yaitu dilakukan pada Yayasan Sahabat Yatim Indonesia. Sosialisasi dan penerapan ini dilakukan di daerah Paku Jaya Kecamatan serpong utara – kota Tangerang Selatan yang berjumlah 25 peserta.

Harapan kami dengan pengabdian ini dapat membuka wawasan dari pada anak-anak di daerah Paku Jaya Kecamatan serpong utara – kota Tangerang Selatan Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Materi yang kami berikan yaitu Sosialisasi Kesehatan pada anak di Yayasan Sahabat Yatim Indonesia Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 yang akan sangat bermanfaat dalam memberantas penyebaran Virus Covid-19.

Program penyuluhan Sosialisasi Kesehatan Anak Pada Masa Pandemi diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan terutama di masa pandemi. Melalui pengabdian kepada masyarakat ini yang membahas tentang mengembangkan Sosialisasi Kesehatan Anak Pada Masa Pandemi diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan terutama di masa pandemi. dan diharapkan nantinya dapat menjadi membantu anak-anak di Yayasan Sahabat Yatim Indonesia. Dengan begitu, maka anak-anak akan mempunyai pola perilaku hidup bersih dan sehat yang akan dipraktikkan sepanjang hidupnya.

Dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan bertambahnya informasi agar dapat memahami pentingnya mengelola keuangan yang baik, serta melalui diskusi dan tanya jawab peserta mampu memahami dan melakukan praktek tentang kemampuan membangun kesadaran dalam hal penghematan keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan yang diperoleh pada Pengabdian Masyarakat kali ini diharapkan mampu memberikan informasi yang berguna sehingga masalah perekonomian masyarakat masih menjadi masalah yang cukup besar, Pengelola keuangan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan ekonomi keluarga. Terlebih dalam situasi pandemi Covid-19 yang menyebabkan adanya peningkatan biaya hidup. Tidak dapat dipungkiri bahwa wabah ini sangat mempengaruhi manajemen keuangan banyak orang. Bukan kebiasaan dan gaya hidup seseorang saja yang berubah, tetapi cara mengatur keuangan pribadi juga ikut berubah mengikuti tatanan hidup baru/new normal. Mulai dari melakukan penghematan sampai dengan menyiapkan lebih banyak dana darurat yang bisa dipakai setap waktu.