SEMINAR, WORKSHOP DAN PELATIHAN

SENAT UNPAM GELAR SOSIALISASI IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DI HOTEL SANTIKA PREMIERE ICE BSD

Serpong (25/12) : Senat Universitas Pamulang (Unpam) gelar sosialiasasi implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) melalui riset dan pengabdian masyarakat (PkM). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Mandalika Hotel Santika Premiere ICE BSD, Sabtu 25 Desember 2021.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pelaksanaan bantuan Pendanaan Program kebijakan MBKM dan Pengabdian kepada Masyarakat berbasis hasil penelitian yang didanai oleh Dirjen Dikti Ristek, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Sedianya kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, yakni 25 s.d. 27 Desember 2021. Acara di mulai dengan makan malam bersama seluruh anggota senat, rektor, dan Yayasan Sasmita Jaya selaku pengelola Unpam. Ketua LPPM Unpam sekaligus ketua pelaksana kegiatan, Dr. Ali Madinsyah, S.E., M.M. menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk implementasi nyata visi-misi Unpam dalam mewujudkan riset dan PkM berbasis penelitian yang berlandaskan nilai humanis dan nilai religius. “Berdasarkan nilai skore 8 IKU PT, Kinerja Penelitian dan Kinerja PkM serta penilaian dari kegiatan MBKM Alhamdulillah Unpam salah satu perguruan tinggi swasta yang mendapat Apresiasidari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi untuk melaksanakan Program penelitian kebijakan merdeka nelajar kampus merdeka dan Pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian dan purwarupa’.

Rektor Unpam, Dr. E. Nurzaman, AM., M.M., M.Si. mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Unpam mendukung program pemerintah. Untuk itu, beliau berpesan agar dimanfaatkan secara maksimal. Beliau berpesan agar tidak melewatkan kesempatan yang sudah diberikan pemerintah kepada Unpam.

“Kita punya sumber daya yang mumpuni. Selain itu juga disokong oleh Yayasan yang selalu setua mendukung kebijakan universitas untuk mencapai visi-misi. Kita harus bisa membuktikan bahwa Unpam bisa. Tahun berikutnya kita harus bisa lebih baik lagi”.

Pernyataan rektor Unpam juga disambut baik oleh Yayasan. Menurutnya, ada banyak bahan di sekitar kampus yang bisa diteliti dan dikembangkan sehingga dapat dimanfaatkan dampaknya oleh masyarakat.

“Bahan ada di sekitar kita. Tidak perlu (mencari) jauh-jauh. Contohnya manajemen pengelolaan Yayasan Sasmita Jaya juga unik. Itu bisa diteliti. Semoga ke depannya dapat diterapkan oleh Yayasan lainnya sehingga semua lapisan masyarakat dapat mengenyam pendidikan tinggi”. 

Yayasan Sasmita Jaya memiliki komitmen kuat untuk membantu semua lapisan masyarakat dalam mewujudkan mimpinya menimba ilmu di perguruan tinggi. Untuk itu, yayasan hanya membebani biaya kuliah terjangkau dan tanpa uang gedung. Meskipun demikian, kualitas lulusan Unpan tetap diperhatikan. Salah satunya adalah melibatkan mahasiswa dalam penelitian dan PkM. Selain itu, Unpam juga menerapkan pembelajaran berbasis industri agar setiap lulusan memiliki kemampuan kerja. (AM)