PKM 2021 UNPAM MENGABDI

PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM ANGGOTA PENGEMBANGAN EKONOMI PEREMPUAN INDONESIA (PEPI) TANGERANG SELATAN

Dalam rangka mewujudkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen-Dosen Manajemen S-1, Universitas Pamulang melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan judul “Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Anggota Pengembangan Ekonomi Perempuan Indonesia (PEPI) Tangerang Selatanyang dilaksanakan pada Minggu 8 – 9 Desember 2021, Vila Dago Pamulang.

Dr. Sri Retnaning Sampurnaningsih, M.Sc., selaku Ketua pengabdi menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu implementasi dari hasil kesepakatan antara UNPAM dan PEPI yang telah ditandatangan oleh kedua belah pihak dalam bentuk Perjanjian KerjaSama pada bulan November 2021 yang lalu. Dukungan yang diberikan adalah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia dalam mengawal proses pengembangan ekonomi perempuan. PEPI yang mempunyai anggota sekitar 200 UMKM, yang tidak hanya meningkatkan ekonomi tapi juga SDM harus ditingkatkan untuk anggota PEPI.

Kegiatan ini memberikan bekal pelatihan dalam Menyusun laporan keuangan sederhana yang diperuntukkan untuk para umkm agar lebih disiplin dalam pencatatan pemasukan dan pengeluaran usaha, sehingga diharapkan para umkm dapat mengembangkan usahanya berdasarkan pendapatan yang diperoleh dan hal ini dikatahui dengan proses pencatatan yang lengkap terstruktur dari jurnal harian, buku besar kas, laporan neraca dan laporan laga rugi. Para umkm diberikan pula contoh soal dalam membuat buku besar kas dan menghitung berapa besar laba/rugi.

Dalam sambutannya, Ketua PEPI Tangerang Selatan, Ibu Endang Sri Iriani mengatakan bahwa perlu ditambah wawasan pengetahuan dan keterampilan para umkm anggota PEPI. Spirit PEPI selalu konsisten menyemangati para perempuan agar mempunyai mesin duit sendiri dari rumah dengan memproduksi suatu barang/jasa, sehingga berdaya ekonomi dan berakselerasi untuk kualitas hidup perempuan dan kesejahteraan keluarganya.

Kegiatan PKM ini diisi dengan pelatihan penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Anggota PEPI dengan  narasumber antara lain: Retno Wulansari, SE MM, Novia Susanti, SE,MM; Endang Puji Astutik, S.E.,M.A.Ed; dan  Achmad Ludvy, S.E., M.M.

Pengabdian Kepada Masyarakat ini disambut dengan sangat antusias oleh para peserta, anggota UMKM PEPI, karena kegiatan seperti ini mendorong pengembangan kemampuan UMKM khususnya dalam penyusun laporan keuangan, sehingga membantu PEPI mengembangan Ekonomi Perempuan Indonesia dan tetap konsisten menjalankan protap kesehatan agar mencegah penularan virus COVID 19.