Unpam Gelar Workshop Strategi Pengelolan Perguruan Tinggi

workshop1

Pamulang – Komitmen Ketua Yayasan Sasmita Jaya Grup dan Rektor Unpam pada visinya mewujudkan perguruan tinggi yang berkualitas dan bermutu benar-benar menaruh harapan serius untuk mewujudkannya. Awal tahun baru 2017, tepatnya 2 Januari Unpam adakan workshop strategi pengelolaan perguruan tinggi selama dua hari ke depan. Adalah Prof. Dr. Djoko Sutarno diundang sebagai pemateri dalam rangka mendiskusikan strategi pengelolaan PT.

“Awal tahun baru ini adalah awal yang baik bagi kita untuk mengembangkan Unpam ke depan” demikian dikatakan Ketua Yayasan Sasmita Jaya Grup di hadapan 54 peserta workshop.

  Sementara Rektor Unpam Dr. H. Dayat Hidayat menaruh harapan besar pada peserta seminar agar workshop hari ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan institusi ke depan.

 Pada awal materinya Prof. Djoko, begitu ia akrab dipanggil memaparkan strategi agar mahasiswa lulus tepat waktu. Pria yang sehari-hari sebagai dosen Binus itu menawarkan sejumlah solusi, di antaranya: desain kurikulum agar 4 tahun lulus dan desain proses pendidikan agar mahasiswa yang lulus memiliki IPK lebih dari 3.

 Prof. Djoko juga menyoal mahasiswa lambat lulus karena harus menuntaskan skripsinya. Untuk itu Asesor BAN PT menggulirkan isu agar memberlakukan ujian komprehensif sebagai pengganti skripsi. Hal itu memang telah diatur dalam undang-undang.

worksop

 Suasana forum workshop terasa hangat atas pancingan Prof. Djoko yang mengetengahkan pemikiran boleh penyelesaian studi tanpa skripsi. Hal itu oleh Dr. Mahsun disoalkan jika kebijakan penyelesaian studi tanpa skripsi, karena menurut pengalaman temannya bahwa hal semacam itu tidak dikenal oleh Dikti.

 “Jika jalur penyelesaian studi tanpa skripsi, yang harus dijadikan perhatian ialah nasib mahasiswa kita ke depan jika melanjutkan studinya ke jenjang S-2. Banyak perguruan tinggi yang meminta judul skripsi ketika mendaftar” tambah Dr. Rasmadi yang juga Dekan FKIP Unpam.

  “saat ini memang penyelesaian studi masih menjadi debat table” jelas Prof. Djoko atas respon dari berbagai peserta.

 Dalam bidang mutu Prof. Djoko juga menyampaikan bahwa dosen mempunyai tugas bidang tridarma. “Kehadiran dosen, materi ajar, kehadiran mahasiswa, proses penilaian mahasiswa, penelitian, dan pengabdian adalah menjadi tugas utama dosen” terang Prof. Djoko, yang juga sebagai Ketua Aptikom itu. (MW)