Pelatihan Pembukuan Dan Pemasaran Online Pada Kelompok Pembudidaya Ikan Di Desa Jampang-Bogor

1

Dosen Program Studi Akuntansi S1 Universitas Pamulang menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi berupa  kegiatan  Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Jampang Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor pada hari minggu tanggal 28 Oktober 2018 lalu. Sasaran kegiatan  Pengabdian Kepada Masyarakat dosen UNPAM Program Studi Akuntansi S1 di sana adalah kelompok pembudidaya ikan. Alasan memilih kelompok pembudidaya ikan tersebut karena kelompok tersebut belum melakukan pembukuan pada usahanya, selain itu para dosen UNPAM juga ingin memajukan usaha budidaya ikan melalui digital marketing.

Desa Jampang memiliki setu seluas 21 hektare yang menjadi lahan usaha para pembudidaya ikan, jenis ikan hias merupakan produk unggulan dan ditambah dengan beberapa jenis ikan konsumsi. Hampir sebagian besar warga desa Jampang menjadikan budidaya ikan sebagai mata pencahariannya  dengan memanfaatkan sekitar 25% dari luas setu tersebut. Kelompok pembudidaya ikan memiliki potensi yang sangat bagus yang harus dikembangkan, namun karena keterbatasan pengetahuan, usaha mereka belum memiliki sistem pembukuan yang bagus.  Dan produksi ikan kelompok ini juga berpotensi besar yang harus di dukung dengan pemasaran yang efektif dan efisien. Oleh karena itu dalam membantu permasalahan tersebut para Dosen UNPAM program Studi Akuntansi S1 melaksanakan pelatihan pembukuan dan digital marketing supaya usaha kelompok ini dapat tumbuh dengan optimal.

Kegiatan dihadiri oleh anggota kelompok pembudidaya ikan pintu air sebanyak 25 orang yang merupakan perwakilan dari total 17 kelompok yang ada. Kegiatan PKM disambut baik oleh Bapak Kaman selaku Ketua Kelompok budidaya ikan sekaligus ketua RW 03. Sedangkan dari Universitas Pamulang dihadiri oleh beberapa dosen akuntansi, diantaranya: Anis Syamsu Rizal, S.Pd.I., M.Pd., Rakhmawati Oktavianna, S.E., M.M., Wizanasari, SAP, M.Ak, Ak., Benarda, S.P, M.M ., Rosita Wulandari,  S.E.,  M.M., Syafrizal, S.Sos., M.M., Akhmad Sigit A, S.E., M.Ak., Rudy Irawan Gunarto, SE, Ak., M.M., Baharuddin Saga, SE, MM, BKP., dan H. Endang Ruhiyat, S.E., M.M. selain itu dihadiri pula oleh mahasiswa UNPAM, diantaranya Fajar Utama dan Muhamad Ihsan Ashari.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama kali disampaikan oleh Bapak Anis Syamsu Rizal, S.Pd.I, M.Pd selaku Ketua Tim PKM dan dilanjutkan oleh Ketua kelompok pembudidaya ikan Bapak Kaman dan penyuluh budidaya ikan Bapak Umar Hamzah. Materi pertama diberikan oleh Bapak Anis Syamsu Rizal, S.Pd.I, M.Pd. yang memberikan materi mengenai digital marketing. Dilanjutkan Bapak Rudy Irawan Gunarto, SE, Ak., M.M menyampaikan materi pembukuan UKM. Para peserta mendengarkan materi yang diberikan dengan antusias. Hal itu tercermin ketika pemaparan materi dan interaksi yang terjadi antara pemateri dengan para petani dari kelompok budidaya ikan. Beberapa pertanyaan juga terlontar dari para petani terkait materi yang diberikan.

Usai pelatihan Dosen Akuntansi UNPAM memberikan cinderamata yang diserahkan langsung oleh Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat Bapak Anis Syamsu Rizal, S.Pd.I, M.Pd kepada ketua kelompok pembudidaya ikan sekaligus ketua RW 03 desa Jampang Bapak Kaman. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan kelompok pembudidaya ikan dapat melakukan pembukuan dan digital marketing dengan baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *