Pelatihan Kewirausahaan Tanaman Sayur Mayur dengan Teknik Hidroponik Pada Mts Insan Madani

gambar-1

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang (Unpam) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Mts Insan Madani Tegallega, Kecamatan Cigudek, Kabupaten Bogor.

Kegiatan PKM ini digagas oleh dosen-dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UNPAM, Minggu (26/03/2017). Kegiatan PKM di Mts Insan Madani ini merupakan bentuk tanggung jawab dosen-dosen manajemen dalam memenuhi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi selain melakukan pengajaran dan penelitian yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kegiatan PKM ini mengangkat tema “Pelatihan Kewirausahaan Tanaman Sayur Mayur dengan Teknik Hidroponik Pada Mts Insan Madani”. Pelatihan ini dilakukan agar masyarakat memiliki keterampilan dalam berwirausaha khususnya dalam usaha perdagangan hasil sayur mayur guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa Tegallega. Acara ini diawali dengan pembukaan sekaligus sambutan oleh ketua Yayasan Insan Madani H. Muhdi Nurdiyansyah, S.Ag, MM, sambutan selanjutnya dilakukan dari perwakilan dosen Universitas Pamulang oleh Bapak Paeno, S.E., MM. acara selanjutnya yaitu pemberian materi tentang kewirausahaan sekaligus praktek pembuatan hidroponik dengan media paralon oleh Bapak Supatmin, SE. MM.

Pada kesempatan acara ini Ketua Yayasan merespon positif atas kehadiran rombongan dosen UNPAM di Mts Insan Madani. Belia berkata “Sebagai warga dan ketua yayasan, saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh dosen-dosen Unpam. Saya mengharapkan agar kegiatan ini tidak terputus pada kegiatan ini saja. Tetapi ke depannya, saya mengharapkan agar keluarga besar Unpam bisa melakukan kegiatan-kegiatan lainnya yang lebih besar lagi kepada masyarakat yang ada di kecamatan Cigudek khususnya dan masyarakat Kabupaten Bogor umumnya. Apalagi kalau UNPAM dapat menjadikan desa Tegallega menjadi desa binaan dari UNPAM,” ucapnya, Minggu (26/03/2017). Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana Paeno, SE. MM mengemukakan bahwa kegiatan PKM merupakan salah satu upaya dalam menumbuh kembangkan jiwa wirausaha peserta didik di Mts Insan Madani. “Saya mengaharapkan dengan kegiatan ini agar peserta didik sejak dini sudah mengenal adanya usaha melalui pelatihan kewirausahaan dengan metode pelatihan hidroponik,” tandasnya.

gambar-2

Acara PKM ini juga dihadiri oleh aktor sinetron sodara Giovanni Tobing. Sodara Gio memberikan motivasi dan inspirasi kepada siswa dan siswi di Mts Insan Madani, beliau berkata “kesuksesan tidak dapat diperoleh dengan mudah, perlu adanya perjuangan yang keras serta harus diiringi dengan do’a, karena kunci kesuksesan bukan hanya melibatkan usaha saja tapi harus dibarengi dengan doa”. Pada kesempatan ini, beliau juga menceritakan perjalanan hidupnya sampai saat ini bisa menjadi pesinetron yang ditayangkan di televisi nasional. (kusworo)