Workshop Strategi Penyusunan Proposal Hibah Kemenristekdikti 29 April 2019

whatsapp-image-2019-05-24-at-7-10-08-pm

Senin, 29 April 2019 LPPM Universitas Pamulang menyelenggarakan  workshop strategi memenangkan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat Kemenristekdikti.

Tujuan diadakan workshop ini adalah untuk mengetahui strategi memenangkan hibah penelitian dari Kemenristekdikti dan sekaligus pembuatan laporan keuangannya. Sedikitnya ada 200 dosen dari Universitas Pamulang dan beberapa dari perguruan tinggi sekitar Tangerang Selatan antusias  mengikuti workshop ini.

Pada kesempatan ini ketua LPPM Dr. Ali Maddinsyah, S.E., M.M. dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan workshop ini adalah untuk memberikan motiavasi kepada para dosen agar ikut berpartisipasi dalam mengajukan proposal penelitian maupun pengabdian masyarakat hibah Ristekdikti. Selain memberikan motivasi kepada para dosen, kegiatan workshop yang setiap tahun dilaksanakan ini dapat meningkatkan jumlah proposal yang lolos hibah ristekdikti. Harapannya adalah pada tahun 2020 nanti bisa mencapai 200 proposal penelitian,  sehingga ada kenaikan dari tahun 2019 sebesar 103 judul yang lolos Hibah Ristekdikti.

Begitu pula Rektor Universitas Pamulang Dr. H. Dayat Hidayat, dalam membuka workshop juga menyampaikan bahwa pentingnya dosen untuk terus berkarya melalui penelitian dan pengabdian masyarakat. Rektor Unpam juga memberikan apresiasi kepada LPPM Unpam karena telah berhasil dalam mengorganisir lolosnya 103 judul proposal hibah Ristekdikti tahun anggaran 2019. Unpam menjadi salah satu perguruan tinggi yang terbesar dalam jumlah proposal lolos hibah ristekdikti 2019.

Dalam workshop ini, narasumber pertama Dr. Ahmad Wibisono, S.T., M.T. menyampaikan pengalaman terkait beberapa proyek hibah kompetitif yang pernah diraih. Doktor lulusan Universitas Indonesia ini secara aktif terlibat dalam proyek hibah di bidang microbiologi. Doktor peneliti BPPT saat ini juga aktif dalam proyek pemanfaatan bakteri Bacillus amyloliquefaciens untuk mengatasi masalah tanah yang terkontaminasi minyak.

Dalam kesempatan yang sama Dr. Palti Marulitua Sitorus menjadi pembicara yang didatangkan dari Universitas Telkom. Doktor bidang manajemen sekaligus pernah menjabat Direktur LPPM Universitas Telkom ini memulai materi  dengan berbagi pengalaman dalam mentransformasi Universitas Telkom melalui program hibah penelitian. Tantangan terberat saat menjabat sebagai nahkoda LPPM Universitas Telkom adalah mengubah budaya meneliti dikalangan internal.

Dr. Palti yang saat ini menjabat sebagai salah satu reviewer Ristekdikti menyampaikan pesan bahwa seorang peneliti harus memahami penyusunan anggaran proposal sesuai dengan aturan Rencana Anggaran Belanja (RAB). Tidak sedikit anggaran dicoret oleh reviewer karena tidak sesuai dengan standar RAB seperti honor peneliti, anggaran perjalanan dan pembelian peralatan. Hal-hal terkait nilai kebaruan (novelty) dan luaran (outcome) menjadi catatan tersendiri bagi reviewer. Materi ditutup dengan penyampaian pesan bahwa penting untuk melakukan sinergisme antara proposal penelitian dosen dengan Rencana Strategia (Renstra) yang ditetapkan oleh universitas. (UN)

Berikut Materi Workshop strategi memenangkan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat Kemenristekdikti

  1. Materi Prof. Dr. Ir. Didik  Sulistiyanto
  2. Materi Dr. Palti Marulitua Sitorus 
  3. Materi Dr. Ahmad Wibisono
  4. Materi Dr. Ali Maddinsyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *