LPPM Unpam Studi Banding ke Singapore

Pamulang 19 Juli 2019. Universitas Pamulang terus akan mengembangkan sayapnya hal ini sejalan dengan visi Unpam untuk masuk ke dalam jajaran 40 terbaik nasional di tahun 2024, pada tanggal 15-16 Juli 2019 Unpam melakukan studi banding ke berbagai universitas dan college di Singapore. Tim dari UNPAM terdiri dari Dr. Pranoto sebagai CEO Sasmita Jaya Group, Dr. Ali Maddinsyah sebagai ketua LPPM Unpam, Ibnu Sina S.P., M.Sc. sebagai kepala pusat penelitian dan publikasi serta Untung Nugroho Harwanto S.T., M.Sc. sebagai kepala pusat studi dan inovasi. Tidak tangung-tanggung, Unpam berkunjung dan berdiskusi ke 3 institusi yaitu Shelton College Internasional, Nanyang Technological University (NTU) dan Nasional University of Singapore (NUS).

Tujuan dari kunjungan tim LPPM Unpam adalah membangun jaringan internasional sekaligus belajar bagaimana membangun ekosistem inkubator bisnis di lingkungan kampus. Mengingat jejaring internasional adalah bagian dari komponen pemeringkatan dan akreditasi universitas, maka tindak lanjut kunjungan ini nantinya akan sangat bermanfaat untuk pengembangan universitas. Universitas dituntut untuk mengembangan bisnis yang berasal dari hasil penelitian berbasis inovasi. Tidak tanggung-tanggung, universitas juga dituntut untuk mampu menggerakkan hilirisasi produk inovasi ke sektor industri.

Pemerintah Singapore juga memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan inovasi di lingkungan universitas. Universitas terbaik di Singapore seperti NUS dan NTU masing-masing memiliki inkubator bisnis berbasis teknologi. Inkubator bisnis inilah yang menjadi tempat hilirisasi hasil riset ke sektor industri.

NUS memiliki badan tersendiri yang bernama NUS enterprise, bertujuan untuk pengembangan bisnis. Di dalam NUS enterprise terdapat Block71 yang merupakan community builder, tempat dimana para startup-startup binaan NUS enterprise tumbuh dan berkembang. Block71 sudah memiliki network mendunia. Block71 sudah tersebar di beberapa kota di Dunia diantaranya adalah di Sillicon Valley, Israel, Singapore dan Indonesia (Yogyakarta, Bandung dan Jakarta). Keberadaan Block71 di Indonesia merupakan kerjasama antara NUS enterprise dengan Salim Group. NUS mengklaim dirinya masuk dalam 4 universitas terbaik dunia versi Times Higher Education (THE) Most International University Ranking di tahun 2017.

2

Sedangkan NTU memiliki badan sendiri bernama NTUitive yang merupakan community builder untuk para startup yang berada di lingkungan kampus NTU. Walaupun belum sebesar jaringan  Block71 milik NUS enterprise, NTUitive mampu membangun kolaborasi yang kuat dengan pemerintah, akademisi dan industri. NTUitive memiliki program yang terintegrasi dengan aktifitas kampus. Bahkan secara tidak sengaja kami bertemu dengan salah satu mahasiswa Indonesia yang terlibat dalam startup binaan NTUitive bidang robotics.

3

Dua hari setelah kunjugan tim LPPM Unpam ke Singapore, pada hari Kamis 18 Juli 2019 tim dari NUS Enterprise berkunjung ke LPPM Unpam. Salah satu direktur program NUS Enterprise Mr. Sazali Johari hadir dalam kunjungan NUS Enterprise ke Unpam. Beliau adalah Direktur Program Ekosistem Development wilayah Asia Tenggara. Dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa NUS Enterprise memberikan satu slot co-working space pagi startup terbaik Unpam serta beberapa rencana program kolaborasi Unpam dan NUS Enterprise.

Momen ini menjadi kesempatan bagi Unpam untuk terus mengembangan layanan pendidikan. Melalui pusat studi dan inovasi di bawah LPPM, pengembangan dan hilirisasi riset berbasis inovasi terus dilakukan. Salah satunya adalah pembentukan inkubator bisnis yang juga didukung oleh salah satu pelaku digital bisnis terbesar di Indonesia yaitu Bukalapak. Yayasan Sasmita Jaya juga memberikan dukungan yang sangat cepat dan kuat terhadap iklim pengembangan inovasi di lingkungan kampus Unpam. Harapannya, Unpam menjadi salah satu role model pengembangan kurikulum kewirausahaan yang berbasis pada hilirisasi ide dan kreatititas mahasiswa. (UN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *