Dosen Unpam Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor

 img_9244

Dosen-dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi UNPAM, Minggu (26/03/2017) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Majlis Taklim An Nuriatul Khoeriyah yang berada di Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Kegiatan PKM di Majlis Taklim An Nuriatul Khoeriyah ini merupakan bentuk tanggung jawab dosen-dosen manajemen dalam melaksanakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kegiatan PKM ini mengangkat tema “Meningkatkan Kompetensi Daya Saing Melalui Pelatihan Manajemen Hidup Mandiri Berdasar Pada Skill Dan Peluang Dimasa Kini Pada Majlis Taklim An Nuriatul Khoeriyah”. Kegiatan ini  dilakukan untuk lebih mendorong masyarakat agar memiliki kesadaran pentingnya mengisi kehidupan dengan hidup mandiri yang paling utama adalahmenjalani kehidupan baik dari sisi keluarga ataupun pekerjaan demi masa depan serta memandang pentingnya pendidikan bagi generasi muda karena tanpa pendidikan yang cukup maka akan sulit untuk kesuksesan di segala bidang.

Acara ini diawali sepatah kata maksud dan tujuan kegiatan yang diwakili oleh Moh.Jazuli, S.Sos.I., M.Pd.I. dan dilanjutkan dengan pembukaan sekaligus sambutan oleh ketua Yayasan Insan Madani H. Muhdi Nurdiyansyah, S.Ag, MM. Sambutan selanjutnya dilakukan dari perwakilan dosen Universitas Pamulang oleh Irmal, S.Ip,. M.M. selaku ketua kegiatan pengabdian. Acara selanjutnya yaitu pemberian materi tentang kemandirian hidup yang disampaikan oleh Bapak Paeno, S.E., MM selaku pemateri I dan Bapak Muchlisin, S.Kom.I., M.Pd.I selaku pemateri II dan dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak-anak yatim piatu.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kehadiran rombongan dosen UNPAM di Yayasan Insan Madani. Beliau menyampaikan “Jamaah Majlis Taklim khususnya dan seluruh masyarakat umumnya sangat sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh dosen-dosen Unpam terlebih niat tersebut sangat mulia dimana kunjungan tersebut memberikan semangat dalam menjalani kehidupan bermasayarakat dan diharapkan dapat menambah wawasan orang tua dalam menanamkan tekad bagi anak-anaknya untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi agar kedepan dapat mencapai cita-citanya, terlebih masyarakat di lingkungan Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg mayoritas hanya berpendidikan rendah. Untuk kegiatan ini saya mengharapkan agar dapat dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan” ucapnya, Minggu (26/03/2017).

Dalam kesempatan itu Irmal, S.Ip,. M.M menyampaikan bahwa “Disamping kegiatan PKM ini merupakan salah satu tugas semua dosen juga dalam realisasi kegiatan dapat memiliki manfaat langsung kepada masyarakat juga dapat menerapkan konsep hidup yang bermanfaat bagi orang lain, dapat memahami dan berupaya memotivasi diri, dapat menyiapkan diri dalam kompetensi dimasa mendatang dan dapat menumbuhkan rasa percaya diri mengingat tantangan kedepan akan lebih kompleks dan memerlukan cara yang bijak dalam menerapkannya serta pentignya orang tua memberikan motivasi hidup dengan cara memprioritaskan pendidikan bagi generasi yang akan datang dengan pendekatan ilmu agama dan bidang ilmu pengetahuan lainnya” tandasnya. Pemateri I dan II memberikan hakekat hidup yang difilosofikan dalam bahasa jawa bahwa urip iku kudu urup yang mengandung pengertian bahwa manusia diciptakan untuk saling memberikan semangat yang berkemampuan manajemen hidup yang lebih hidup, karena hidup sudah seharusnya diisi dengan hal-hal yang memiliki manfaat buat orang lain dan generasi muda harus memiliki tekad dan keyakinan bahwa hari esok adalah emas”. (Jasmani)