Pelatihan Penyusunan Perangkat Perencanaan Pembelajaran

pkm-ppkn000Di hari yang cukup cerah kala itu telah dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat di SMP Plus Pewaris Peradaban Ciseeng kabupaten Bogor dengan memberikan Pelatihan Penyusunan Perangkat Perencanaan Pembelajaran pada dewan guru SMP Plus Pewaris Peradaban. Pelaksanaan pelatihan dimulai hari rabu sampai dengan hari jumat tanggal 12 sampai 14 Desember 2018. kegiatan tersebut bertujuan memberikan pelatihan kepada dewan guru SMP Plus Pewaris Peradaban tentang penyusunan Perangkat Perencanaan Pembelajaran yakni Silabus dan RPP, karena pelatihan tersebut sangat dibutuhkan oleh dewan guru untuk bisa mengembangkan perangkat pembelajaran dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik di sekolah.

Kegiatan dimulai pukul 08.30 diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh MC ibu Aulia Nursyifa.,S.Pd.,M.Pd. Sambutan pertama disampaikan oleh Dekan FKIP Universitas Pamulang Bapak Dr. H.E. Nurzaman AM,MM,MSi sekaligus membuka secara resmi kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMP Plus Pewaris Peradaban. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan PKM ini mudah-mudahan memberikan suatu hal yang bermanfaat untuk para guru SMP Plus Pewaris Peradaban. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh ketua yayasan Pewaris Peradaban bapak Kristanto.,S.P. Beliau mengucapkan banyak terimakasih atas kunjungan para Dosen PPKN FKIP Universitas Pamulang dan mudah-mudahan ada kelanjutan kerjasama dalam hal apapun untuk kedepannya.pkm-ppkn

Setelah pembukaan dilanjutkan kegiatan inti yaitu pemaparan konsep, strategi, Implementasi Kurikulum 2013 oleh pemateri pertama yakni bapak Drs. H. Alinurdin., M.Pd. semua guru yang hadir dalam pelatihan tersebut mendengarkan dengan seksama dan merespon baik atas pemaparan yang dijelaskan dalam kegiatan tanya jawab terkait Kurikulum 2013. Kemudian diberikan pemaparan pengembangan perangkat perencanaan pembelajaran oleh Suanto., S.Pd.,MH, Aulia Nursyifa., S.Pd.,M.Pd, dan Sulastri., S.Pd.,MH. Setelah itu guru-guru langsung praktek menyusun silabus dan rencana perencanaan pembelajaran (RPP) dibina oleh para pemateri. Pelatihan penyusunan silabus dan RPP berlangsung dengan lancar dan have fun, semua guru aktif dalam menyusun perangkat perencanaan pembelajaran sampai dengan selesai.

Diakhir acara beberapa guru memberikan testimoni kegiatan yang menyatakan bahwa sangat berterimakasih mendapat pelatihan dari para dosen sehingga para guru lebih memahami dalam menyusun perangkat perencanaan pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *