SOSIALISASI PERAN PENTING KELUARGA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN TEKNOLOGI PADA ANAK DALAM ERA DIGITAL

pkn-pkm8Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Sosialisasi Peran Penting Keluarga Sebagai Upaya Pencegahan Dampak Negatif Penggunaan Teknologi Pada Anak dalam Era Digital”. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 14 sampai 16 November 2018 pada pukul 08.00-14.00 WIB. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Kampung Jati Rt.02/05 Desa Parung Kecamatan Parung Kabupaten Bogor. Terdapat 60 orang peserta pengabdian yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga. Pemilihan subjek tersebut dikarenakan para ibu-ibu rumah tangga harus teredukasi untuk dapat mendidik anak-anak dalam era digital, dari ibu yang cerdas akan melahirkan generasi cerdas di masa depan.

Kegiatan pengabdian ini bertujuan dalam rangka meningkatkan pengetahuan orangtua tentang dampak negatif teknologi dan sebagai peran penting keluarga dalam upaya kontrol sosial kepada anak  dalam era digital.  pkn-pkm9Selain itu, kegiatan pengabdian ini sebagai perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh dosen selain mengajar di dalam perkuliahan dan kegiatan penelitian, sehingga menjadikan Universitas Pamulang sebagai perguruan tinggi yang berkontribusi nyata dalam kehidupan masyarakat.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan lancar, peserta mengikuti jalannya kegiatan dari awal sampai akhir acara. Narasumber disampaikan oleh Aulia Nursyifa S.Pd M.Pd, Drs. H. Alinurdin.,M.Pd., Dr. E. Nurzaman., AM,MM, dan didampingi oleh dosen-dosen Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Dalam sesi diskusi peserta sangat semangat dan antusias ingin mengajukkan pertanyaan tentang permasalahan yang mereka hadapi terkait dengan masalah teknologi yang terjadi pada anak-anak mereka. pkn-pkm10Selain itu, para dosen memberikan pendampingan kepada masayarakat  yang ingin berkonsultasi lebih lanjut terkait dengan permasalahan tersebut. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan khususnya memberikan pemahaman kepada generasi muda agar dapat menggunakan teknologi secara positif, tepat, dan bijaksana.

Oleh : Aulia Nursyifa S.Pd M.Pd