Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang Bekerja Sama dengan Pusat Penelitian Fisika (P2 Fisika) LIPI Mengadakan Workshop Uji Impact dan Tarik Kepada Guru-Guru dari Berbagai SMK di Tangerang Selatan

teknik-mesin5Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang bekerja sama dengan Pusat Penelitian Fisika (P2 Fisika) LIPI mengadakan workshop 3 hari mengenai uji impact dan tarik kepada guru-guru dari berbagai SMK di Tangerang Selatan. Workshop tersebut diadakan dari tanggal 12 sampai dengan 14 Oktober 2018 dan bertujuan untuk memperluas pengetahuan para guru SMK di Tangerang Selatan.

Dalam workshop ini terdapat dua sesi. Sesi pertama diadakan di ruang rapat P2 Fisika LIPI. Sesi ini dibuka dengan sambutan oleh Kepala Pusat P2 Fisika LIPI Dr. Rike Yudianti dan kemudian dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh Dr. Anggito P. Tetuko, M.Eng. Pada sesi ini dibahas berbagai materi dari dasar-dasar mekanika kekuatan material sampai studi kasus simulasi dengan menggunakan perangkat lunak komersial.

Sementara itu sesi kedua diadakan di Laboratorium Material Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang. Dalam sesi ini dosen Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang melakukan demonstrasi penggunaan alat uji tarik dan alat uji impact. Sesi ini dipimpin oleh M. Nasrun, S.T., M.T. selaku MC sedangkan demonstrasi alat dilakukan oleh Suhaeri, S.T., M.T. Untuk memastikan bahwa para guru SMK mengerti materi yang sudah disampaikan mereka diminta untuk menjelaskan kembali apa yang sudah dipelajari kepada mahasiswa Program Studi Teknik Mesin. Setelah itu mereka juga diminta untuk menyusun laporan mengenai perbandingan antara uji tarik secara simulasi dan uji tarik menggunakan alat.

Akhirnya acara ditutup oleh Kepala Program Studi Teknik Mesin Ir. Djuhana, M.Si. Selain menambah ilmu para guru SMK dengan diadakannya acara workshop ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan antara Universitas Pamulang baik dengan P2 Fisika LIPI maupun dengan berbagai SMK di Tangerang Selatan.