Pelatihan pengujian Kekerasan material Metode Rock Well /Hardness RockWell

teknik-mesin4Pada hari ini guru-guru SMK Se-Tagerang selatan antusias mengikuti kegiatan PKM ( Pengapdian Kepada Masyarakat) yang di selenggarakan Program Studi Teknik Mesin Universitas Pamulang bekerja sama dengan Pusat Penelitian Fisika (P2 Fisika) LIPI. Acara PKM kali ini mengangkat tema pelatihan pengujian kekerasan material metode Rock Well /Hardness RockWell. Kekerasan (Hardness) adalah salah satu sifat mekanik (Mechanical properties) dari suatu material. Kekerasan suatu material harus diketahui khususnya untuk material yang dalam penggunaanya akan mangalami pergesekan (frictional force) dan deformasi plastis. Tujuan PKM supaya masyarakat lebih memahami uji kekerasan logam (Hardness). Memahami bahwa logam mempunyai sifat sifat mekanik.

Sebelum Pelatihan pengujian kekerasan dilakukan di Lab. Teknik Mesin Universitas Pamulang yang berada di kawasan perumahan Witanaharja Pamulang. Para Peserta di sambut dengan ramah oleh Kepala bidang studi Teknik Mesin Universitas Pamulang Ir. Djuhana, M.Si. dan ketua Panitia PKM Sujianto S.T,M.T selanjutnya peserta di berikan sample material yang berbeda beda kemudian dengan pembekalan teori sebentar peserta dapat melakukan uji kekerasan masing masing. Hasil kekerasan Rockwel dapat dibaca langsung , yang ditunjukan oleh alat pencatat kekerasan sesuai dengan skala kekerasan yang dipakai. Jika identor yang dipakai Kerucut Intan (skala Kekerasan Rockwell A dan C) , skala ukuran yang dipakai ditulis warna hitam; Identor Bola baja ( Skala Kekerasan Rockwell B), skala ukuran yang dipakai ditulis warna merah. Angka kekerasan tersebut akan ditujukan langsung oleh jarum penunjuk. Contoh Penulisan hasil kekerasan : HRA 40; atau HRB 60 atau HRC 54.

Akhirnya acara demi acara berjalan dengan lancar. Selain menambah ilmu pengetahuan para guru SMK dengan diadakannya acara PKM ini juga diharapkan dapat mempererat hubungan antara Universitas Pamulang baik dengan P2 Fisika LIPI maupun dengan berbagai SMK di Tangerang Selatan.