Kegiatan Pelatihan Uji Struktur Mikro oleh Teknik Mesin UNPAM bekerjasama dengan LIPI

teknik-mesinPendalaman keilmuan mengenai uji mikrostruktur sangat diperlukan untuk sekolah-sekolah vokasi yang secara umum adalah sekolah SMK di bidang mesin industri. Pemahaman fundamental yang kuat dan kemampuan praktis,  salah satunya di bidang material sangat diperlukan bagi para murid di SMK sebagai bekal bagi mereka kelak ketika menghadapi dunia industri yang nyata. Apalagi dengan adanya Revolusi Industri 4.0 dan kebijakan MEA yang begitu terbuka, merupakan fenomena yang tak terelakkan. Pembekalan kompetensi mendasar dan mumpuni sangatlah diperlukan untuk meningkatkan daya saing putra-putra bangsa sebagai generasi masa depan agar menjadi tuan rumah bagi industri di tanah airnya sendiri, Indonesia. Tentu saja para guru-guru SMK sebagai ujung tombak pembelajaran inilah yang merupakan prioritas awal yang harus dibekali dengan pemahaman dan kemampuan praktek yang mumpuni.

Oleh karena itu Program Studi Teknik Mesin memandang pelatihan mengenai uji struktur mikro kepada guruteknik-mesin2-guru SMK di radius terdekat kampus yakni wilayah Tangerang Selatan adalah hal yang sangat penting untuk dilaksanakan sebagai wujud nyata dari tugas mutlak sebuah institusi sebuah Universitas yakni Tri Dharma yang salah satunya adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antara Teknik Mesin UNPAM dan Pusat Penelitian Fisika LIPI. Tahap awal kegiatan ini adalah dberupa pembekalan materi oleh narasumber yang kompeten dibidangnya di Pusat Penelitian Fisika LIPI. Narasumber dari LIPI terdiri dari 3 orang yakni Dr. Anggito P. Tetuko, M.Eng ; peneliti dari Pusat Penelitian Fisika LIPI, Dr. Witha B.K. Putri; peneliti dari Pusat Penelitian Fisika LIPI dan Yusuf Anwari, praktisi industri dari PT Honda Power Product Indonesia. Tahap berikutnya adalah praktek alat uji struktur mikro dan analisis hasil uji yang dilakukan di kampus teknik mesin UNPAM.

Secara umum kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Pelatihan Uji Struktur Mikro kepada Guru- guru SMK di Tangerang Selatan berjalan dengan lancar dan terkendali. Kerjasama di antara dosen Teknik Mesin UNPAM dan pihak Pusat Penelitian Fisika LIPI berjalan dengan saling bersinergi. Bagi para peserta yang merupakan guru SMK adalah tentu saja mendapat manfaat berupa pemantapan pemahaman fundamental dan kemampuan praktis mengenai ilmu material logam terkait dengan Uji Struktur Mikro. Dengan demikian diharapkan kompetensi keilmuan dan kemampuan praktis para Guru di bidang ilmu material logam terkait dengan Uji Struktur Mikro tentunya akan berimbas pada  peningkatan kualitas transfer keilmuan kepada anak didiknya di SMK.teknik-mesin3

Pada sekup internal tim PKM Uji Struktur Mikro di kalangan dosen Teknik Mesin UNPAM diharapkan menumbuhkan motivasi untuk mendalami keilmuan serta penelitian mengenai Struktur Mikro bagi dosen yang menekuni bidang ini. Sedangkan bagi para dosen di bidang lain seperti konversi energi, konstruksi, maupun manufaktur diharapkan dapat menambah khazanah wawasannya,. Hal ini dikarenakan dunia keilmuan Teknik Mesin dari berbagai bidang tersebut tidak bias dipisahkan satu sama lain.