Dosen Unpam Berikan Pelatihan Enterpreneur Kepada KBM Cipta Tunas Karya

Dengan mengusung tema “Wirausaha Dapat membentuk Generasi Muda yang Kuat, Mandiri, dan Kreatif di Era Milinial” Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cipta Tunas Karya Kelurahan Gondrong, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang menjadi salah satu tempat Pengabdian Kepada Masayarakat (PKM) yang diinisiasi oleh dosen Unpam. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu tanggal 12 Sampai 14 Oktober 2018. merupakan salah satu bentuk kepedulian dosen dalam bidang pendidikan entrepreneur. Selain itu, kegiatan ini sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh setiap dosen selain mengajar di dalam perkuliahan dan kegiatan penelitian.

Kegiatan PKM yang mengusung tema “ Wirausaha Dapat membentuk Generasi Muda yang Kuat, Mandiri, dan Kreatif di Era Milenial”. Tema ini diambil berdasarkan kebutuhan warga belajar PKBM Cipta Tunas Karya dalam menciptakan lulusan yang dapat menempatkan diri dalam dunia usaha selain pekerjaan.

Oleh karena itu, Dosen Unpam tertarik untuk melaksanakan kegiatan PKM di PKBM Cipta Tunas Karya Kelurahan Gondrong Kecamatan, Cipondoh KotaTangerang .

Warga belajar PKBM sangat antusias dalam menerima materi pelatiahan entrepreneur walaupun dilakukan setelah siswa-siswi melaksanakan Mid Semester Ganjil tahun ajaran 2017/2018.

Ketua yayasan, Ahmad Safeih, SE MM sangat senang dengan kedatangan tim PKM dosen Unpam.
“Kegiatan PKBM selain menghasilkan lulusan yang bekulitas dalam bidang pendidikan, juga diberikan pembekalan dalam hal kewirausahaan, oleh karena itu kedatangan TIM dosen sangat membantu” Ucap Ketua Yayasan.

Kegiatan PKM ini diikuti oleh 50 siswa yang belajar, meliputi siswa dari Paket A, Paket B, dan Paket C. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh tutor pengajar masing-masing paket di PKBM.

Menurut ketua tim PKM Bapak Ahmad Nazir S.Sos, M.Si. dari Unpam yang juga sebagai Tutor PKBM Cipta Tunas Karya mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat baik dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan siswa-siswi warga PKBM dalam menyiapkan diri setelah selesai mengikuti pendidikan.

Adapun materi yang diberikan oleh dosen Unpam meliputi motivasi wirausaha yang dipaparkan oleh Kusworo, S.Pd M.Pd,  Materi Keuangan wirausaha oleh Iman Lubis, SE M.S.M,  E-Commerce wirausaha oleh Drs. Nefo Indra Nizar, MBA,  manajemen wirausaha oleh Ahmad Nazir, S.Sos, M.Si, Wirausaha diera digital oleh Achmad Sholeh, S.Kom., M.Kom., Pemasaran usaha oleh Drs. Syamruddin, MM, dan Wirausaha dalam kajian islam oleh Bapak Ahmad Yani Nasuition, Lc, M.Sy.
Acara juga diisi dengan penyampaiaan materi dan tanya jawab. “Bagaimana agar tidak membebani orang tua didalam mencapai cita-cita?” tanya Joni Irawan salah satu warga belajar PKBM Cipta Tunas Karya.
Kegiatan ini diakhiri dengan serah terima secara simbolis kenang-kangan yang dilakukan oleh ketua PKM bapak Ahmad Nazir, S.Sos, M.Si dan Ketua Yayasan PKBM Cipta Tunas Karya Bapak Ahmad Safeih, SE MM.
Iapun berharap dengan kegiatan ini, siswa-siswi berani terjun dalam dunia wirausaha di sela-sela sekolah di PKBM. “Pembekalan materi juga diharapkan dapat menjadi dasar pengetahuan dalam mengaplikasikan wirausaha yang dilakukan,” Pungkas Nazir.

sumber: Tangerangsatu.com