MENUMBUHKAN MINAT LITERASI PADA SISWA SMK INDIKA

smk-indika Pada tanggal 7-9 September 2019, sejumlah dosen dan Mahasiswa Sastra Indonesia melakukan kegiatan PKM di SMK INDIKA untuk memberikan materi pendidikan karakter dan literasi melalui dongeng. Tidak ada kecanggungan dalam pertemuan pertama ini, canda dan tawa tetap tersaji ditengah bincang-bincang kami. Tidak terasa waktu jam belajar siswa telah selesai dan kami pun diizinkan pihak sekolah untuk menjalankan tugas kami memberikan materi pembentukan karakter dan literasi melalui dongeng.

      Tidak hanya mendongeng dengan bercerita satu arah, kami juga mendongeng dengan memutarkan video dongengnya untuk memudahkan siswa dan siswi mengimajinasikan cerita. Bahkan kami juga mendongeng dengan metode lakon dialog untuk mengajak siswa dan siswi ikut berpartisipasi bercerita kepada kawannya yang lain.

      Siswa dan siswi menjadi lebih antusias untuk mendengarkan cerita dongeng yang disajikan oleh kami yang dibantu beberapa dari mereka untuk memerankan tokoh dalam cerita. Para siswa dan siswi begitu fokus memperhatikan setiap cerita yang disajikan kepada mereka.smk-indika2

      Tidak lupa kami pun memberikan edukasi tentang pentingnya membaca, karena membaca dapat menjadi media hiburan yang mengasyikan sekaligus memberi ilmu pengetahuan. Masih banyak lagi manfaat membaca seperti membentuk karakter yang postif bagi generasi muda dan mempertajam daya imajinasi kita.

      Sebagai penutup kami melakukan foto bersama dan melakukan seremoni penutupan dengan menyerahkan cindera mata sebagai kenang-kenangan sekaligus ucapan terima kasih kami atas diterimanya kunjungan kami dengan sangat baik oleh pihak sekolah SMK INDIKA. Tentu ini akan menjadi kenangan yang tidak akan bisa terlupa, pembelajaran yang sangat berarti dari SMK INDIKA untuk kami semua baik yang hadir secara langsung maupun tidak.