Pelatihan Pendampingan Pengelolaan OJS oleh LPPM Unpam

img_0134Tangerang Selatan (11/10/2018) : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unpam mengadakan pelatihan pendampingan pengelolaan Open Journal System (OJS) kepada para pengelola jurnal di bawah LPPM Unpam. Pelatihan tersebut dilakukan di Ruang Rapat lt. 8 Gd Kampus II. 

Ketua LPPM, Dr. Ali Maddinsyah, M.M. mengatakan tujuan diadakannya pelatihan ini untuk mewujudkan visi Unpam yang menyatakan bahwa menjadi perguruan tinggi peringkat 40 besar tingkat nasional yang berlandaskan pada nilai humanis dan religius pada tahun 2024. Salah satu kriteria pemeringkatan perguruan tinggi oleh kemristekdikti yaitu seberapa banyak publikasi ilmiah dosen melalui jurnal terakreditasi dan berapa banyak yang dicitasi oleh orang lain.

“Dari pelatihan ini diharapkan peserta bisa mendapatkan ilmu manajemen dalam mengelola jurnal melalui OJS,  dan yang paling penting ilmunya bisa kita terapkan di Universitas Pamulang dalam mengelola Jurnal. Adapun jurnal di Unpam saat ini ada 30 jurnal dan sudah ber-ISSN dan e-ISSN tapi semuanya belum ada yang terakreditasi”.

Wakil Rektor II, Dr. Subarto, M.Pd. yang berkesempatan mewakili rektor Unpam untuk membuka acara mengatakan bahwa Unpam memiliki keyakinan penuh dengan jumlah dosen 2000 dan jumlah mahasiswa 53.000. Unpam perlu membentuk relawan jurnal. Jurnal masih menjadi musibah mengapa ada realawan jurnal. Indikasi kualitas perguruan tinggi ada 5 yaitu kelembagaan, sumber daya manusia, penelitian-pengabdian masyarakat, kemahasiswaan, dan inovasi. Maka dari itu kualitas jurnal itu penting untuk mencapai visi Unpam di tahun 2024 nanti.

“Tahun ini adalah tahun kualitas. Bukan hanya kuantitas saja tetapi juga kualitas”.

LPPM mengundang Dr. Azkia Muharom Albantani, M.Pd.I dari UIN Jakrta serta perwakilan 2 Relawan Jurnal Indonesia Itsar Bolo Rangka, M.Pd. dan Asep Erlan Maulana, S.Kom untuk mengisi pelatihan tersebut. (MIS)